Ganja Sebaiknya Dilegalkan, Ini Jawaban BNN

kebun ganja
Sumber :
  • blogger.com

VIVAnews - Kelompok yang tergabung dalam Lingkar Ganja Nusantara berencana menggelar aksinya setiap Sabtu di bulan Mei untuk melegalisasikan tanaman ganja. Menanggapi hal itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) masih mencari tahu motif dibelakang aksi tersebut.

"Yang mengajak melegalkan perlu didalami  motifnya," ujar Kepala Humas BNN Sumirat Dwiyanto di Jakarta, Kamis 5 Mei 2011.

Menurut Sumirat, hingga kini BNN belum dapat menentukan manfaat pemakaian tanaman yang juga kadang dipakai sebagai bumbu masak itu.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Selain itu, saat ini tanaman ganja sudah masuk dalam golongan 1 narkotika. Dalam UU NO. 35 Tahun 2009 tentang Tindak Pidana Narkotika, ganja sejajar dengan heroin dan kokain. "Itu artinya ganja termasuk barang yang dilarang oleh pemerintah untuk digunakan,"jelasnya.

Sumirat mengatakan, walaupun aksi tersebut ditiru dari negara yang sudah melegalkan pemakaian ganja, Kanada dan Belanda, tetapi jika diterapkan di Indonesia, dia khawatir nantinya akan menimbulkan persepsi yang berbeda. Di mana kelompok pemakai ganja semakin bertambah luas dan tidak bisa terkontrol.

"Belanda pernah melegalkan ganja di masyarakat dengan beberapa catatan, tapi sekarang mereka mengkaji ulang kebijakan tersebut. Alasannya kenapa, belum saya ketahui," katanya.

Sumirat menambahkan, jika aksi tersebut nantinya akan terlaksana, lebih baik harus didasarkan dengan kajian akademis dan medis yang mendasar.

"Karena kalau asal bicara akan berbahaya untuk masyarakat. Apalagi, ruang gerak peredaran narkotika sedang dipersempit," tegasnya.

Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024