Jalan Ini Ditutup Sementara Saat KTT ASEAN

Jalan Sudirman, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Tiga ruas Jalan protokol akan ditutup selama 20-30 menit, hal tersebut terkait untuk lewatnya tamu VVIP yaitu 10 kepala negara yang menghadiri KTT ASEAN. Penutupan ini hanya berlangsung pada Sabtu 7 MeiĀ  mendatang, sedangkan untuk hari Minggu tidak ada penutupan hanya car free day yang ditiadakan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Royke Lumowa mengatakan, berkaitan dengan pengamanan KTT Asean, pihaknya akan menutup beberapa ruas jalur untuk lewatnya tamu VVIP yaitu kepala negara Asean. Penutupan jalan tersebut seperti waktu kedatangan presiden Obama yaitu hanya dibeberapa titik yaitu dari tempat menginap pimpinan negara hingga ke JCC. "Penutupan itu tidak secara total, melainkan hanya saat kendaraan tamu negara melintas," katanya, Kamis 5 Mei 2011.

Dia melanjutkan, ada delapan hotel yang kemungkinan akan ditempati para perwakilan dan pimpinan negara ASEAN yaitu Grand Hyatt, Hotel Mandarin Oriental, Hotel Indonesia kemphinski, Shangrila, Hotel Mulia, Four Season, Rictz CarltonĀ  dan JW Marriott. "Penutupan itu hanya saat keberangkatan kepala negara dan perwakilan ASEAN berangkat ke lokasi konferensi," katanya. Karena, kurang lebih ada 10 kepala negara yang kemungkinan akan menghadiri KTT Asean.

Sementara, untuk jalur yang akan ditutup pada tanggal 7 April dimulai pada pukul 08.00 WIB dimulai dari Bunderan Hotel Indonesia di mana ada tiga hotel lokasi menginap kontingen yaitu Hotel Grand Indonesia, Hotel Grand Hyatt dan Hotel Oriental Mandarin. Jalur yang ditutup yaitu Jalan Jendral Sudirman hingga Semanggi dan masuk ke JCC.

Selanjutnya pada jam yang sama, dari Hotel Shangrila yaitu mulai dari Dukuh Atas, Jalan Jendral Sudirman, Semanggi, hingga JCC. Sementara, dari kawasan Kuningan dimulai dari depan hotel Four Season melewati Jalan Kuningan menuju Gatot Subroto, Semanggi hingga JCC begitu juga untuk kontingen yang menginap di hotel JW Marriot dan Rictz Carlton jalur yang ditempuh sama dengan untuk jalur Four Season.

Sementara, pada pukul 15.00 WIB akan terjadi kebalikannya. Untuk yang menginap di kawasan Bundaran HI mulai dari JCC kembali ke Semanggi, Jalan Jendral Sudirman hingga masuk ke hotel masing-masing. Begitu juga untuk yang menginap di Hotel Shangrila, Four Season, JW Mariot serta Ritz Carlton. "Setidaknya ada empat kali buka tutup yaitu pukul 08.00 WIB pada pembukaan, 15.00 WIB saat kembali ke hotel, 19.00 WIB yaitu acara jamuan makan malam dan terakhir pukul 21.30 WIB saat semua delegasi kembali ke hotel untuk istirahat," tuturnya. Namun, jalur tersebut tidak ditutup sepenuhnya hanya pada saat delegasi lewat.

Berikut 11 titik pengalihan arus di sekitar Jl Jenderal Sudirman, Jl MH Thamrin dan Kuningan.

1. Traffic Light (TL) Harmoni
a. Arus lalu lintas di Harmoni dialihkan ke arah Jl Ir H Juanda-Jl Gunung Sahari-belok kanan-Senen
b. Pertigaan Pasar Baru-belok kanan-Jl Lapangan Banteng Utara-Jl Lapangan Banteng Barat-Jl Pejambon-Jl Merdeka Timur-TL Tugu Tani
c. Dari Harmoni memutar di Bina Graha-Jl Veteran-Jl Suryo Pranoto-Tomang-tol

2. TL Oteva
a. Jalan Merdeka Utara dialihkan menuju Abdul Muis ke arah Tanah Abang menelusuri ke jalan Jati Baru dan tembus ke jalan KS Tubun hingga jalan Slipi.
b. Jalan Merdeka Utara dialihkan ke jalan Abdul Muis ke jalan Tanah Abang, kemudian Jati Baru, hingga ke jalan Mas Mansyur tembus ke jalan Casablanca ke Kuningan.

3. Bundaran Air Mancur.
a. Jalan Merdeka Selatan, dialihkan ke jalan Merdeka Timur kemudian menuju jalan Prapatan tembus ke simpang Senen.
b. Jalan Merdeka Selatan dialihkan ke jalan Merdeka Timur menuju jalan Prapatan ke arah Patung Tani kemudian jalan Cut Mutia, jalan Cokro Aminoto menuju Kuningan.
c. Jalan Budi Kemulian dialihkan ke jalan Abdul Muis menuju Tanah Abanh tembus ke jalan Mas Masyur ke arah Casablanca ke Kuningan.

4. TL Kebon Sirih
a. Jalan Kebon Sirih dialihkan ke jalan Patung Tani menuju jalan Prapatan ke arah simpang Senen.
b. Jalan Kebon Sirih dialihkan ke patung Tani menuju jalan Teuku Umar menuju jalan Madiun ke arah Manggarai.
c. Jalan Kebon Sirih dialihkan menuju kawasan Patung Tani ke arah jalan Cut Meutia ke arah jalan Sam Ratulangi kemudian tembus ke jalan Cokro Aminoto ke Kuningan.

5. TL Sarinah
a. Jalan Wahid Hasyim dialihkan ke lampu merah Cemara menuju jalan Sam Ratulangi menuju jalan Cokro Aminoto menuju Kuningan.
b. Jalan Wahid Hasyim dialihkan ke jalab Agus Salim menuju jalan Yusuf Adinata ke arah jalan Sam Ratulangi ke jalan Cokro Aminoto ke arah Kuningan.

6. Bundaran HI
a. Jalan Imam Bonjol dialihkan ke jalan Sumenep ke arah jalan Latuharhari menuju Manggarai ke jalan Minangkabau ke arah jalan Saharjo.
b Jalan Sutan Sahrir dialihkan ke jalan Agus Salim ke jalan Sabang menuju jalan Kebon Sirih dan tembus ke jalan Merdeka Timur.

7. Dukuh Atas
a. Jalan Sutan Agung dialihkan ke arah Manggarai ke Manggarai ke menuju jalan Minangkabau ke jalan Saharjo.
b. Jalan Karet dialihkan ke lampu merah karet bivak menuju Pejompongan ke arah Slipi.

8. TL Kuningan
a. Jalan Mampang dialihkan ke jalan Tendean menuju jalan Monginsidi ke lampu merah CSW ke arah Sam Raja ke Pintu 1 menuju jalan Asia Afrika ke Palmerah.
b. Jalan Rasuna Said dialihkan ke Jl Casablanca lalu ke Jl Mas Mansyur lurus ke Pejompongan lalu ke Slipi
c. Tol dalam kota

9. TL Tomang
a. Jl Tomang Raya-Jl Biak-Kesehatan-Harmoni
b. Tol dalam kota

10. TL Slipi
a. Pejompongan-Karet Bivak-Mas Mansyur-Casablanca-Saharjo
b. KS Tubun-Tanah Abang-Jati Baru-Mas Mansyur-Casablanca-Saharjo
c. Tol dalam kota

11. TL CSW
a. Jl Truno Joyo-Jl Gunawarman-Jl Senopati-Jl Sanjaya-Jl Tendean
b. Jl Kyai Maja-Hang Jebat-Jl Sinabung-Jl Pintu IX-Jl Asia Afrika-Jl Pejompongan-Jl S Parman
c. Jl Sudirman jalur lambat-Jl Pintu I-Jl Asia Afrika-Jl Pejompongan-Jl S Parman.

Puncak Arus Balik Lebaran Lintasan Bakauheni-Merak Diprediksi Malam Ini
Dirut Jasa Raharja Rivan A. Purwantono bersama pemudik di GT Kalikangkung

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung, Pemudik Diimbau Kooperatif Ikuti Arahan Petugas

Untuk mengurai kepadatan, petugas memberlakukan one way arus balik Lebaran 2024 di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, sejak hari Sabtu, 13 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024