Tahun Ini, DKI Bangun Lima Jalan Layang

Pembangunan Pondasi Fly Over
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta menargetkan lima pembangunan jalan layang tahun ini. Anggarannya berasal dari dana APBD 2011 dan dana multiyears.

Kepala Bidang Jembatan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Novizal mengungkapkan, lima jalan layang itu antara lain flyover akses Terminal Pulogebang, Marunda, Muara Angke, Pluit Utara dan on-off ramp flyover Kampung Melayu-Tanah Abang.

"On-off ramp jalan layang Kampung Melayu-Tanah Abang, itu akan kita tenderkan sekarang. Karena kami sesuaikan dengan anggaran yang ada," ujar Novizal di Jakarta, Jumat, 6 Mei 2011.

Dijelaskan Novizal, Dinas PU DKI selama ini baru menganggarkan pembangunan flyover Kampung Melayu-Tanah Abang tanpa on-off ramp (bagian naik turun flyover). Tahun ini Dinas PU baru membuka tendernya senilai Rp30 miliar.

Sedangkan untuk pembangunan akses terminal Pulogebang, Dinas Pekerjaan Umum akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI dan Kementerian Pekerjaan Umum. "Untuk bangunannya itu kewenangan Dishub, tapi akses jalan masuk ke terminal yang ada di lantai dua itu Dinas PU, anggarannya Rp150 miliar," terangnya.

Kemudian untuk jalan layang Marunda, lanjutnya, akan diganti dengan konstruksi beton agar lebih kuat dari sebelumnya. Pembangunan jalan layang Muara Angke juga akan dilanjutkan tahun ini dan rencananya akan dituntaskan aksesnya hingga menuju kawasan Pasar Ikan. Masing-masing anggarannya adalah sebesar Rp40 miliar dan Rp7 miliar.

"Kami juga akan membangun jembatan Pluit Utara. Kondisi jembatan ini dengan Angke itu sama, air itu posisinya di samping pagar jembatan jadi kalau dibuka aspal itu tergenang air, maka kami tinggikan dan targetkan selesai tahun ini dengan jumlah anggaran Rp15 miliar," paparnya. (adi)

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024