Informasi Penutupan Jalan KTT ASEAN

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Tiga ruas Jalan protokol akan ditutup selama 30 menit untuk diprioritaskan bagi iring-iringan kendaraan tamu VVIP yang akan menghadiri KTT ASEAN XVIII. Pemberlakukan Car Free Day atau hari bebas berkendaraan juga akan ditiadakan.

Menurut Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa, penutupan sementara pada ruas jalan itu dilakukan saat kehadiran negara saat menghadiri kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari, pada 7-8 Mei 2011.

Penutupan jalan akan dilakukan saat tamu negara melintas dari tempat menginap sampai ke tempat pelaksaan kegiatan di JCC, Senayan Jakarta. "Penutupan itu tidak secara total, melainkan hanya saat kendaraan tamu negara melintas," katanya.

Ada delapan hotel yang kemungkinan akan menjadi tempat istirahat para perwakilan dan pimpinan negara ASEAN. Hotel Grand Hyat, Hotel Mandarin Oriental, Hotel Indonesia Kemphinski, Hotel Shangrila, Hotel Mulia, Four Season, Ritz Carlton, dan JW Mariot.

Pada Sabtu, 7 Mei 2011, Jalur Sudirman, Semanggi dan jalan yang memasuki kawasan JCC akan di tutup mulai pukul 08.00 WIB. Penutupan dilakukan mulai dari Bundaran Hotel Indonesia, dimana ada tiga hotel lokasi menginap kontingen, yaitu Hotel Grand Indonesia, Hotel Grand Hyatt dan Hotel Oriental Mandarin.

Pada jam yang sama, dari Hotel Shangrila yaitu mulai dari Dukuh Atas, Jalan Jendral Sudirman, Semanggi, hingga JCC, juga akan ditutup.

Sementara, dari kawasan Kuningan dimulai dari depan hotel Four Season melewati Jalan Kuningan menuju Gatot Subroto, Semanggi hingga JCC. Begitu juga untuk kontingen yang menginap di hotel JW Marriot dan Rictz Carlton, jalur yang ditempuh sama dengan jalur Four Season.

Pada pukul 15.00 WIB, akan ditutup untuk jalur kembali. Tamu negara yang menginap di kawasan Bundaran HI akan melalui Semanggi, Jalan Jenderal Sudirman hingga masuk ke hotel masing-masing. Begitu juga untuk yang menginap di Hotel Shangrila, Four Season, JW Mariot serta Ritz Carlton, melalui Gatot Subroto dan Kuningan.

Setidaknya ada empat kali sistem buka tutup, yaitu pukul 08.00 WIB pada pembukaan, 15.00 WIB saat kembali ke hotel, pada pukul 19.00 WIB, dan acara jamuan makan malam dan terakhir pukul 21.30 WIB saat semua delegasi kembali ke hotel untuk istirahat.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Baharudin Djafar mengatakan, untuk pemberlakuan Car Free Day memang ditiadakan pada Minggu 8 Mei mendatang. Tapi tidak akan menutup jalan tersebut untuk kepentingan umum.

"Masyarakat masih bisa beraktivitas seperti biasa, seperti minggu-minggu biasa. Namun, jalan itu tidak akan ditutup seperti Car Free Day," tegasnya.

Tidak diberlakukan Car Free Day dikarena jalur hari bebas berkendaraan itu merupakan jalur yang akan dilewati kendaraan pejabat negara peserta KTT. Dan jadwal hari bebas berkendaraan akan dimundurkan pada pekan ketiga. (umi)

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia
Kris Dayanti

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Meskipun telah menikah selama beberapa tahun, Kris Dayanti menegaskan pentingnya menjaga penampilan dan kebersihan diri di hadapan suami.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024