Pelaku Perampokan ATM BCA Masih Gelap

Periksa Pengamanan ATM
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Polisi masih menyelidiki perampokan ATM BCA di Pondok Kopi, Jakarta Timur. Saat ini polisi telah memeriksa sembilan orang saksi. Empat saksi adalah petugas jasa pengisian uang yang berada dalam mobil. Sisanya orang yang melihat serta menemukan mobil setelah melakukan pengisian di ATM Apotek Tania.

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

"Di antaranya Satpam Apotek, dan tukang sate yang berjualan dekat ATM Apotik itu," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar di kantornya, Selasa, 17 Mei 2011. Pemeriksaan dilakukan untuk mengorek informasi siapakah pria berseragam polisi yang menumpang melakukan pengawalan. "Kami masih mengejar orang tersebut," jelasnya.

Menurut dia, polisi juga menelusuri apakah para petugas tersebut berkompolot dengan kawanan perampok. "Iya itu yang ditelusuri," ujarnya. Terkait hal itu polisi juga telah meminta keterangan pemimpin PT Armindo guna mengetahui, betulkah keempatnya adalah orang yang bekerja di perusahaan jasa pengisian uang tersebut. "Apakah mereka resmi, dan bagaimana mekanisme mereka dalam memberikan tugas kepad dalam mengisi uang ke atm," terang Djafar.

Perampokan bermula ketika kendaraan pengisi ATM tersebut berangkat dari kantor Armindo, Rawamangun. Mobil itu berangkat pukul empat sore. Ikut dalam mobil itu dua satpam tidak bersenjata, sopir  dan seorang bagian pengisian uang. Lokasi pengisian ATM pertama di jalan Balai Pustaka, lalu lanjut mengisi tiga ATM di wilayah Duren Sawit.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

"Pada saat mengisi  di ATM BCA Buaran itulah, datang seorang berseragam brimob mau menumpang ke Jalan Pramuka dan diijinkan oleh satpam yang bernama Hendrik. Saat star, sopir menyerahkan kunci kepada satpam Hendrik dengan alasan capek, dan lanjut mengisi di Giant Pondok Gede dan tiga tempat di wilayah Duren Sawit," kata Kapolsek Duren Sawit Komisaris Polisi Titik Setyawati.

Ketika mengisi ATM di Apotek Tania Pondok kopi, satu satpam dan satu bagian pengisian serta sopir turun. Kemudian, beberapa menit kemudian, lanjut Titik, satpam Hendrik, dan penumpang Brimob tersebut langsung membawa kabur kendaraan itu. "Saat ditemukan, mobil berada dijalan jati bening 1 RT 2, Pondok Gede, Jakarta Timur pukul 00.00 WIB," tambahnya.

Kasubdit Pidana Umum Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Helmi Santika mengatakan bahwa pihaknya masih menelusuri kebenaran adanya anggota kepolisian yang bertugas saat itu. "Ada yang mengaku sebagai anggota polisi dengan mengenakan jaket. Masih kita dalami kebenarannya." terang Helmi.

Lawan PSM Makassar Jadi Laga Hidup Mati Bagi Arema FC

Baca penjelasan Direktur Utama BCA soal kasus ini

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Kehadiran pasangan AMIN saat penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024–2029 dinilai bisa memberi legitimasi hasil Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024