Jakarta Dikelilingi 10 Pusat Gempa

peta wilayah Indonesia yang berpotensi rawan gempa
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Jakarta bukan pusat gempa. Itu sebabnya Jakarta masih terhitung aman dari gempa besar. Setidaknya ini berdasarkan data ilmiah yang dilansir Revisi Peta Gempa Nasional (RPGN). Warga Jakarta diminta tidak cemas. Jangan percaya dengan isu yang beredar bahwa kota ini akan diguncang lindu 8,7 SR.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Ketua Tim RPGN, Masyhur Irsyam, menuturkan bahwa jika merunut dari sejarah kegempaan di tanah air, Jakarta terhitung aman. Kota ini hanya bergoyang karena gempa yang epicentrumnya terletak di sekitarnya. 

Dan di sekitar Jakarta, kata Masyhur, setidaknya terdapat 10 lokasi yang selama ini menjadi pusat gempa dan akan mempengaruhi kota Jakarta. Seperti Subduksi Sumatera, Subduksi Jawa, Sesar Sunda, Sesar Semangko, Sesar Sukabumi, Sesar Baribis, Sesar Lembang, Sesar Pati, Sesar Bumi Ayu, dan Sesar Yogya/Opak.

"Sampai saat ini belum ada bukti otentik adanya sesar atau pusat gempa di Jakarta," katanya, Rabu 18 Mei 2011. Perencanaan peraturan bangunan tahan gempa di Indonesia, katanya, dilakukan  lewat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan  mengacu pada International Building Code (IBC) seperti yang dipergunakan Amerika Serikat.

Peraturan bangunan tahan gempa yang baru menggunakan perhitungan gempa dengan kala ulang 2.500 tahun. Sebelumnya, Indonesia memakai SNI 2002 yang menggunakan perhitungan gempa dengan kala ulang 200 tahun.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, meminta kepada masyarakat Ibukota untuk tetap tenang dan tidak panik menanggapi berita soal gempa besar yang akan mengguncang Jakarta dengan kekuatan 8,7 skala richter.

Beda Sikap Ria Ricis dan Teuku Ryan Memperlakukan Orang Tua, Pantesan Susah Rujuk
Ilustrasi penipuan di online

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Seorang Ibu Rumah Tangga di Bogor bernama Jehan, menjadi korban penipuan berkedok kerja paruh waktu Shopee. Ia kehilangan uang hingga Rp131 juta, karena tergiur dengan im

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024