Bekasi akan Segera Buat Jalur Sepeda

Sepeda
Sumber :
  • dianwidiyanarko.com

VIVanews - Setelah DKI Jakarta, dalam waktu dekat ini jalur sepeda juga akan dibuat di Bekasi. Itu dilakukan untuk mengatasi kemacetan, dan mengurangi polusi udara.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Agus Dharma mengatakan, jalur sepeda di Bekasi akan dibuat di Jalan Raya Pekayon. Tepatnya di depan Perumah Pondok Pekayon Indah hingga Kantor Pemerintah Kota Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan. "Panjangnya sekitar lima kilometer," terang Agus di Bekasi.

Jalur selebar 1,5 meter tersebut, kata Agus, akan dibuat di sisi kiri jalan dengan memberi tanda berupa cat berwarna biru. Serta juga akan diberi sejumlah rambu yang menerangkan bahwa jalur tersebut khusus bagi sepeda.

Meski begitu, menurut Agus, sejauh ini pihaknya belum mengetahui berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan proyek pembuatan jalur sepeda. Sebab prosesnya baru akan dibahas di internal Dinas Perhubungan untuk selanjutnya dilelang ke pihak ketiga.

"Jalur sepeda di Pekayon merupakan pilot project. Jika sukses, jalur ini juga akan diterapkan di jalan protokol lainnya,” lanjut dia.

Sebagai uji coba, nantinya penggunaan jalur sepeda akan diberlakukan pada hari libur kerja dan Sabtu-Minggu. Dan jika terbukti mampu mengatasi kemacetan, maka jalur sepeda akan diberlakukan setiap hari kerja Senin sampai Jum’at.

Jalur sepeda di Bekasi memang sudah diwacanakan sejak beberapa tahun lalu. Kendalanya adalah karena minimnya jalan yang berukuran besar.

"Tahun ini sudah bisa direalisasikan karena sudah ada pelebaran di Jalan Ahmad Yani," jelasnya.

Rencana pembuatan jalur sepeda itu direspon baik warga Bekasi. Salah satunya Udin Saputra (25) warga Jatiasih yang setiap hari pergi ke tempat kerjanya di Pasar Proyek Bekasi Timur dengan menggunakan sepeda. "Selama ini saya selalu kesulitan karena harus berbagi jalan dengan pengguna motor ataupun mobil, " kata Udin.

Udin berharap secepatnya jalur sepeda itu bisa direalisasikan. Tapi bukan hanya di Pekayon, melainkan juga di Jalan Raya Kalimalang yang di kenal sangat padat arus lalulintasnya.

Selama ini di Bekasi sudah terbentuk berbagai kelompok pengguna sepeda. Seperti Rombongan Bekasi (Robes). Komunitas yang beranggotakan puluhan orang ini setiap hari bersepeda dari Bekasi melewati Jalan Raya Kalimalang menuju tempat kerja mereka di wilayah di Jakarta. (eh)

340 Mayat Ditemukan di Rumah Sakit Gaza yang Hancur, PBB Menuntut Penyelidikan Independen

Laporan: Erik Hamzah | Bekasi

Ilustrasi kilang minyak

Deretan Negara Arab Ini ternyata Tolak Embargo ke Israel, Kok Bisa?

Terrdapat deretan negara Arab tersebut, yaitu Mesir, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), dan Yordania, menolak usulan Iran untuk mengimpor minyak ke Israel karena ini

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024