Macet Casablanca Karena Kurang Sosialisasi

Proyek jalan layang non tol Casablanca
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Koordinator TMC Direktorat LaluLintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Ipung Purwadi mengatakan imbas kemacetan di sepanjang Jalan HR Rasuna menuju Satrio pasca penutupan jalan itu disebabkan karena kurangnya sosialisasi.

Kasus Korupsi Kredit Macet Jaksa Eksekusi Eks Pegawai Bank BNI ke Penjara

Itu mengakibatkan pengendara yang dari arah perempatan Kuningan menuju Jalan Dr Satrio tidak mengetahui bahwa tikungan di bawah jalan layang Casablanca telah ditutup. "Sehingga pengendara mengambil jalur cepat untuk berputar balik, dan terjadi antrean panjang,” ujar Ipung di kantornya, Selasa 24 Mei 2011.

Guna mengantisipasi kemacetan itu, kata Ipung, petugas pun kemarin memberlaklukan u-turn di Jalan Rasuna Said. Menurut Ipung, belajar dari pengalaman kemarin, Polda dan Dinas Perhubungan saat ini telah lebih berupaya mengantisipasi kemacetan. Untuk itu, pengendara yang hendak menuju Jalan Dr Satrio dialihkan melalui Jalan Denpasar Selatan, Besaki dan Gilimanuk. Dari jalan itu, pengendara akan melalui Jalan Denpasar Raya dan keluar di Jalan Dr Satrio. "Sementara mereka yang melalui Gilimanuk akan menuju Jalan Dr Satrio melalui jalur Kedutaan RRC,” terangnya.

Selain itu, sebanyak 20 polisi lalu lintas ditambah sejumlah petugas Dishub akan ditempatkan di titik-titik tikungan di Dr Satrio dari perempatan Kuningan. Mereka akan membagikan brosur pengalihan arus dan mengarahkan pengendara yang hendak menuju Jalan Dr Satrio melalui rute yang telah disiapkan. "Kami juga menambah empat rambu berwarna dasar biru dengan tulisan putih yang menandakan jalur bisa dilalui menuju Jalan Dr Satrio," jelas Ipung.

Sejak pekan kemarin, ruas sisi Selatan underpass Casablanca, di Jalan HR Rasuna Said menuju Jalan Satrio ditutup. Penutupan terkait proyek pembangunan jalan layang non-tol Kampung Melayu-Tanah Abang akan berlangsung hingga dua bulan.

Proyek pembangunan jalan layang non tol Kampung Melayu-Tanah Abang ini dibagi menjadi tiga paket, yakni paket Jalan Mas Mansyur, di mana saat ini juga sedang dilakukan penutupan akses jalan dari arah Jalan Sudirman ke Jalan Prof. Dr. Satrio, kemudian paket Jalan Prof. Dr. Satrio, dan terakhir Jalan Casablanca. Penutupan ruas jalan dari arah Rasuna Said menuju Satrio ini termasuk dalam paket Casablanca. (eh)

Kemenag

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Kemenag melalui Direktorat Guru dan Madrasah Ditjen Pendis meluncurkan program PAUD HI untuk mencegah stunting sejak dini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024