Penyebab Transjakarta Terbakar Masih Diteliti

Bus Transjakarta Terbakar
Sumber :
  • ANTARA/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta belum bisa memastikan penyebab terbakarnya bus gandeng TransJakarta bernopol B 7604 IX di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur kemarin. Hingga saat ini, BLU masih mengerahkan tim untuk melakukan pemeriksaan.

"Sampai sekarang masih diteliti. Ada tim mekanik dari kami dan tim mekanik dari pihak operator bus yaitu JMT yang masih terus memeriksanya," kata Ketua BLU TransJakarta Muhammad Akbar saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa 24 Mei 2011.

Namun, kata Akbar, berdasarkan pengalaman BLU dalam menangani armada yang bermasalah, umumnya dipicu dari korsleting di bagian mesin bus. Untuk mengantisipasi, pihaknya memerintahkan semua operator armada bus untuk melakukan pemeriksaan fisik.

"Dari pengalaman selama ini biasanya karena adanya korsleting kabel-kabel bus. Makanya sekarang semua armada dicek ulang kondisi badan bus, mesin bus, semuanya," jelas dia.

Menurut Akbar, pihaknya bersama tim mekanis operator telah menerapkan sistem pemeriksaan armada rutin setiap hari sebelum bus beroperasi. Selain itu juga mentaati jadwal perawatan mesin berdasarkan standar prosedur kendaraan bermotor.

"Setiap pagi selalu dicek sebelum bus jalan. Dan perawatannya seperti standar kendaraan misalnya setiap per 5000 Km, biasanya itu dua minggu sekali," tuturnya.

Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994

Seperti diketahui sebuah bus gandeng TransJakarta yang beroperasi di Koridor V (Ancol-Kampung Melayu) mengeluarkan asap dari bagian belakang bus dan akhirnya terbakar di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur kemarin.

Bagian belakang bus nyaris hancur dengan hanya menyisakan rangka bus. Api di bus berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dan kemudian bus dibawa ke Polres Jakarta Timur.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa 29 Desember 2009. Sebuah armada busway gandeng milik JMT bernomor polisi B 7600 IX hangus terbakar di bagian belakang.

Berdasarkan dara BLU, tahun ini kejadian Transjakarta terbakar baru 1 kasus yaitu Jatinegara. Sedangkan 2009 terdapat 1 kasus yaitu di Kramat Raya, dan terakhir 2008 ada 2 kasus yaitu di Blok M dan Tugu Tani. (eh)

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Balapan MotoGP Spanyol akan kembali bergulir pada akhir pekan ini, sejak Jumat 26 April 2024. Para pembalap akan bertanding di sirkuit Jerez pada seri keempat musim ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024