Tahun Ini 11 Pasar Tradisional Diremajakan

Pasar Tradisional
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - PD Pasar Jaya akan meremajakan dan merevitalisasi keberadaan pasar tradisional di Jakarta. Menurut Asisten Manajer Divisi Humas PD Pasar Jaya, Yohanes Daramonsidi, perbaikan dilakukan secara bertahap. Untuk tahun ini, sebanyak 11 pasar tradisional diremajakan dan dua pasar tradisional lainnya direvitalisasi.

Ke-11 pasar yang akan diremajakan tersebut yaitu Pasar Tanah Abang Blok B, Ganefo, Koja Baru, Pademangan Barat, Kedoya, Cipinang Besar, Lenteng Agung, Pondok Bambu, Cidodol, Pejagalan, dan Ujung Menteng. Sedangkan dua pasar yang akan direvitalisasi, Pasar Perniagaan dan Jatinegara.

Yohanes menambahkan, peremajaan ini dilakukan secara menyeluruh terhadap gedung. Sedangkan revitalisasi hanya akan menambah fasilitas gedung pasar saja. "Persaingan ini harus disikapi dengan melakukan pembenahan diri dengan revitalisasi dan pembangunan pasar," kata Yohanes di Jakarta.

Menurutnya, peremajaan dan revitalisasi pasar sudah dilakukan secara bertahap sejak tahun 2009. Pada 2010, PD Pasar Jaya juga sudah melakukan perbaikan terhadap 13 pasar tradisional. "Revitalisasi dan peremajaan terus berjalan sampai saat ini," terangnya. Bahkan, kata dia, beberapa di antaranya sudah diresmikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, seperti Pasar Klender, Rawa Bening, Duren Sawit, dan Pasar Bojong Indah.

Sementara untuk 2012 nanti, rencananya perbaikan akan dilakukan pada 26 pasar yang rusak di DKI Jakarta. Sebanyak 17 diremajakan karena kondisi struktur sudah kurang memadai. Sedangkan 13 lainnya akan direvitalisasi yakni, peningkatan fasilitas, seperti pemasangan AC, penambahan cahaya, serta perbaikan.

Dengan adanya persaingan pasar tradisonal dan pasar modern saat ini, ditambahkan Yohanes, peremajaan dan revitalisasi adalah harga mati. Sehingga diharapkan, ke depan pasar tradisional mampu bersaing dengan pasar modern. "Kami berkomitmen melakukan pembenahan agar tetap bisa bersaing dan eksis, membenahi pasar dan memberikan fasilitas yang layak," jelasnya. (umi)

Terancam PHK Massal, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Demo di Depan MA
Starbucks Indonesia menyerahkan ribuan buku untuk anak-anak.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Ribuan buku tersebut merupakan donasi dari para pelanggan Starbucks Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024