Ini Wilayah Jakarta Paling Rawan Kejahatan

foto ilustrasi
Sumber :

VIVAnews -- Aksi kejahatan tak pernah surut di ibu kota, Jakarta. Bahkan, analisis Polda Metro Jaya, kualitas kejahatan mengalami peningkatan selama tahun 2011. Para penjahat makin brutal, bahkan berani memakai senjata api untuk melukai dan menewaskan korban, juga petugas.

Lalu, di mana saja para penjahat beraksi? Ternyata, wilayah Jakarta Pusat menduduki peringkat pertama tindak kejahatan selama Mei 2011 dengan jumlah 324 kasus, sedangkan Kabupaten Tangerang menduduki posisi kedua sebanyak 323 kasus.

"Tingkat tindak kejahatan di Jakarta Pusat masih menempati posisi pertama dibanding wilayah lain," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Baharudin Djafar di Jakarta, Kamis 9 Juni 2011.

Baharudin menyebutkan wilayah Jakarta Selatan menduduki peringkat ketiga terkait jumlah tindak kejahatan yang mencapai 182 kasus.

Polda Metro Jaya mencatat tindak kejahatan selama April 2011 juga diduduki Jakarta Pusat sebagai yang pertama, mencapai 323 kasus, Kabupaten Tangerang sebanyak 296 kasus dan Jakarta Timur sekitar 253 kasus.

Baharudin mengatakan jenis kasus kejahatan terbanyak, yakni pencurian dengan pemberatan sebanyak (642 kasus), narkoba (417 kasus) dan pencurian kendaraan bermotor (352 kasus).

Berdasarkan jenis kejahatan yang terjadi meliputi kasus pembunuhan, penganiayaan berat, pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, perjudian, pemerasan, pemerkosaan, narkoba dan kenakalan remaja.

Polda Metro Jaya bersama jajarannya mengevaluasi secara rutin kejadian kejahatan jalanan dan mengoptimalkan fungsi Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), serta memaksimalkan patroli guna mengantisipasi tindak pidana itu.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah memetakan dan menempatkan personil di daerah rawan Jakarta Pusat, seperti di Jalan Gajah Mada, Hayam Wuruk, Simpang Coca Cola, Jalan Ahmad Yani dan Senen

Selanjutnya, daerah rawan di Jakarta Utara sekitar Cilincing, Perempatan Mambo, Tanjung Priok, Jalan Perintis Kemerdekaan, Teluk Gong dan Ampera.

Daerah rawan di Jakarta Barat mencakup wilayah Cengkareng, Perempatan Grogol, Tomang, Slipi, Pesing dan Roxy.

Wilayah Jakarta Selatan meliputi Pancoran, Mayestik, Cipete Raya, Cilandak dan Pasar Jumat.

Sedangkan Jakarta Timur, seperti Pasar Rebo, Perempatan Arion dan Rawamangun, serta wilayah Bekasi yang rawan berada di Jalan Raya Bekasi, Kranji, Ujung Menteng dan Kali. (eh)

Istana Bakal Sambut Mantan Presiden hingga Pejabat Jika Hadiri Open House Jokowi
DAY6

Setelah 5 Tahun DAY6 Balik Lagi ke Jakarta Ikut Saranghaeyo Indonesia 2024

DAY6 menjadi salah satu pengisi acara dalam festival musik Saranghaeyo Indonesia 2024. ini menjadi kehadiran perdana mereka setelah keseluruhan membernya jalani wamil

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024