Biayai Malinda, Polri Ciderai Keadilan Publik

Malinda Dee
Sumber :
  • kaskus

VIVAnews - Rencana Mabes Polri yang akan membiayai pengobatan tersangka Malinda Dee dengan menggunakan dana Jamkesmas mendapat kecaman. Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka, menilai tindakan polisi terlalu cepat dalam menanggapi sakitnya tersangka penggelapan dana nasabah Citibank itu.

"Sakit memang harus, tapi di sisi lain ini menciderai rasa keadilan publik, cepat banget direspons dan dikatakan biaya ditanggung semua oleh negara," kata Rieke di Gedung MK, Jakarta, Kamis 9 Juni 2011.

Menurut Rieke, seharusnya mekanisme pelayanan kesehatan kepada setiap warga negara harus diperlakukan secara adil. "Terutama untuk rakyat miskin dan rakyat tidak mampu itu diperlakukan sama seperti negara memperlakukan Malinda Dee," ujarnya.

Mengenai Jamkesmas yang diterima Malinda Dee, Rieke mengaku itu sudah aturan negara. "Ya kalau sudah aturan negara gimana lagi, tapi persoalannya rakyat lain yang miskin dan sakit harusnya diperlakukan sama," tutur dia.

Rieke juga menjelaskan bahwa RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dijadwalkan 23 hari akan lagi rampung dibahas dan akan segera disahkan. "DPR dan pemerintah masih terus membahas secara intensif RUU BPJS yang pembahasannya sempat terbengkalai," ungkap anggota Panja RUU BPJS ini.

Sebelumnya, Kabareskrim Komjen Ito Sumardi menyatakan dana pengobatan bagi Malinda ditanggung pemerintah. "Tapi dengan standar tertentu tidak berarti semuanya dibiayai," kata Ito.

Dia mengatakan pada dasarnya, setiap kesehatan tahanan ditanggung oleh Jamkesmas. "Tapi lebih tepatnya semua tahanan menjadi tanggung jawab Dirjen Lapas," kata dia.

Malinda terpaksa menjalani perawatan karena divonis menderita infeksi radang payudara akibat suntikan silikon. Saat ini dia dirawat oleh tim dokter bedah plastik. (adi)

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia
Legenda Sepak Bola Brasil Romario

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Pada usia 58 tahun, legenda sepak bola Brasil Romario telah mencatat riwayat hidup yang mengesankan. Kabarnya, ia comeback bergabung dengan Amerika sebagai pemain.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024