Masyarakat Konsumtif, Ekonomi Jakarta Naik

Jakarta Fair 2010.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan bahwa acara Jakarta Fair, yang secara rutin diadakan jelang HUT Jakarta, memacu pertumbuhan ekonomi ibu kota. Hal itu diakui Foke, sapaan akrab Fauzi, terjadi akibat dorongan konsumsi masyarakat Jakarta yang sangat tinggi.

"Terdapat pertumbuhan ekonomi hingga 6,5 persen. Kondisi tersebut terjadi akibat dorongan konsumsi masyarakat sampai 57 persen," ujar Fauzi Bowo dalam sambutannya saat membuka acara Jakarta Fair 2011 di arena PRJ Kemayoran, Jakarta, Kamis, 9 Juni 2011.

Selain akibat konsumsi masyarakat yang tinggi, pertumbuhan ekonomi Jakarta juga didukung investasi masyarakat sebanyak 35 persen dan belanja pemerintah 15 persen. "Pertumbuhan ini turut didukung kondisi politik yang stabil dan keamanan," kata Foke.

Di samping itu, dirinya menyatakan telah terjadi penurunan angka kemiskinan pada angka 3,48 persen dengan menyalurkan 375 ribu pencari kerja. Berdasarkan cacatannya, pada triwulan pertama 2011 tingkat inflasi berada di bawah 6,5 persen. "Sehingga, bagi masyarakat umum, PRJ merupakan pameran sekaligus tempat rekreasi," ujar Foke.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Jakarta International Expo sekaligus Ketua Panitia Jakarta Fair 2011, Hartati Murdaya mengatakan acara ini memiliki misi di bidang Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE). Tujuannya adalah untuk merangsang semangat promosi dan publikasi di sektor perdagangan dalam mendorong inovasi perindustrian.

"Ke depannya tentu akan lebih mampu bersaing di pasar domestik dan global," kata Murdaya.

Seperti diketahui, Pemerintah DKI Jakarta bersama dengan PT Jakarta Internasional Expo (JIExpo) kembali menyelenggarakan Jakarta Fair dalam rangka memperingati HUT Jakarta ke-484. Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-44, dibuka mulai 9 Juni-10 Juli 2011.

Jakarta Fair 2011 diikuti oleh 2.600 perusahaan dengan 1.300 stand, dari badan usaha milik negara (BUMN), sektor usaha binaan dari seluruh Indonesia. Target kunjungan yang ditetapkan panitia adalah 4 juta pengunjung dalam 32 hari penyelenggaraan, dengan target nilai transaksi sekitar Rp3,5 triliun.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024