"Demam Berdarah Ada di Semua Wilayah DKI"

Nyamuk Chikungunnya
Sumber :
  • Nyamuk Chikungunnya

VIVAnews - Berdasarkan Incidence Rate, secara nasional DKI berada di peringkat kedua setelah Bali dalam hal penderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Kondisi ini membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya bertekad menghentikan penyebaran DBD itu dari sekarang.

"Kami sangat prihatin, Provinsi DKI Jakarta ada di peringkat kedua setelah Bali, penderita DBD hampir ditemui di semua wilayah Jakarta," kata Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang DKI Jakarta, Ahmad Hariadi.

Heriadi menuturkan, tingkat penularan serta kemungkinan menimbulkan kematian yang tinggi dari DBD mengharuskan setiap warga Indonesia, khususnya Jakarta waspada. Apalagi hingga saat ini, belum juga ditemukan obat dan vaksin yang efektif untuk menyembuhkannya.

"Pemberantasan DBD tidak hanya dilaksnakan Dinas Kesehatan tapi masyarakat secara menyeluruh. Setiap warga DKI adalah 'Jumatik' (juru pemantau jentik) bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakatnya," kata Heriadi yang mewakili Gubernur DKI Fauzi Bowo dalam acara hari Demam Berdarah Dengue (DBD) Internasional 'Kampanye Ayo Stop DBD' di Silang Monas Timur, Jakarta, Minggu 12 Juni 2011.

Indonesia adalah salah satu negara yang masih beresiko terhadap DBD. Sampai dengan tahun 2010, sekitar 70 persen kabupaten/kota masih termasuk kategori endemis DBD. Selain itu, sekitar 80 persen penduduk memiliki tempat tinggal di daerah yang beresiko tertular DBD.

Provinsi DKI Jakarta sebagai Ibukota negara adalah pintu gerbang negara Indonesia yang bisa juga akan menjadi pintu keluar masuknya penyakit, termasuk DBD. Oleh karenanya, pemerintah DKI sangat mengapresiasi dan mendukung upaya-upaya pencegahan DBD.

"Tahun depan DKI Jakarta harus bisa lebih baik lagi. Paling tidak kami bisa berada di peringkat ketiga atau keempat. Tindakan tepat adalah pencegahan, oleh karena itu hari kampanye saya canangkan, dan dimulai pelaksanaannya di lapangan," kata Heriadi.

Selama tiga tahun terakhir kasus DBD di Jakarta menurun secara signifikan. Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebutkan, pada 2007 jumlah kasus DBD mencapai 31.836 kasus.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Jumlah itu mengalami penurunan pada 2008 yang hanya mencapai 28.361 kasus. Pada 2009 penurunannya hingga menyisakan 18.835 kasus. Pada 2010 jumlah kasus DBD kian menyusut hingga 12.639 kasus. Untuk 2011 hingga Mei kasus DBD tercatat 3.597 kasus.

Fenomena Unik Langit Yunani, Warna Oranye Bak di Planet Mars

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Yunani berubah warna menjadi oranye pekat ketika awan debu yang bertiup melintasi Laut Mediterania dari Afrika Utara menyelimuti daerah Acropolis dan landmark kota Athena

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024