Tiket Kereta Jabodetabek Naik Nyaris 90%

KRL Jabotabek
Sumber :
  • VIVANews/ Anhari Lubis

VIVAnews - Pola operasi Kereta Rel Listrik akan diubah mulai 2 Juli 2010. Kereta Ekspres akan dihapus dan diganti dengan kereta Commuter Jabodetabek nonsubusi yang akan berhenti di setiap stasiun dengan sistem Single Operation.

Dengan kebijakan baru ini, harga tiket kereta naik hampir 90 persen. Tarif kereta ekonomi AC Depok-Bogor yang semula Rp5.500 dan kereta ekonomi C Serpong-Bekasi-Tangerang, naik dari Rp4.500 menjadi Rp8.000

Adalah komunitas pengguna kereta yang tergabung dalam KRLMania yang terus mengkritisi perubahan sistem ini. Mereka juga akan terus mengadvokasi agar pelayanan KRL semakin baik dan tarif menjadi lebih adil.

"Class Action bisa saja, tapi itu butuh konsentrasi yang lebih. Saat ini kita lakukan pertemuan dengan yang terkait dan mendesak Kemenhub mempertimbangkan keputusan itu," ujar koordinator KRLmania, Nur Cahyo, saat dihubungi VIVAnews.com, Senin, 13 Juni 2011.

Menurut komunitas ini, dengan sistem single operasi, waktu tempuh rata-rata perjalanan kereta akan bertambah 15-30 menit. Ini menunjukkan bahwa tidak ada perbaikan, tetapi penurunan pelayanan.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

"Apakah logis disebut perbaikan kalau waktu tempuhnya semakin molor dan tiket semakin mahal," kata Cahyo.

Namun Corporate Secretary PT KAI Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, memastikan tidak ada kenaikan tarif kereta. Tiket kereta ekonomi tidak berubah antara Rp1.000-Rp2.000. Kecuali ada penyesuaian tarif.

Untuk tarif commuter line dipatok seharga Rp9.000 untuk rute Bogor-Jakarta Kota dan Rp8.000 untuk rute Bekasi-Jakarta Kota serta Rp8.000 untuk rute Manggarai-Serpong.

Perubahan ini dilatarbelakangi target yang diberikan pemerintah kepada operator untuk dapat mengangkut 1,2 juta orang per hari pada akhir tahun 2014.

Dibutuhkan sekitar 1.440 gerbong kereta, sedangkan saat ini jumlah unit kereta hanya 386 gerbong. Menurut Makmur, rencananya tiap tahun akan dilakukan penambahan unit gerbong kereta sebanyak 150 unit hingga 2019 mendatang. (umi)

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024