PPATK Temukan Aliran Dana Elnusa ke Sekuritas

Elnusa
Sumber :
  • www.elnusa.co.id

VIVAnews - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memastikan ada perusahaaan efek yang menerima aliran dana milik PT Elnusa Tbk yang dibobol. Saat ini, PPATK sedang menelusuri sejumlah perusahaan yang berkaitan dengan pembobolan itu.

Menurut Kepala PPATK, Yunus Husein, yang ditemui dalam acara Forum Antikorupsi, di Hotel Kempinski Jakarta, mengatakan, hasil penelusuran dana milik Elnusa telah disampaikan kepada penyidik Polda Metro Jaya pagi tadi.

"Kami sekarang sedang masuk ke beberapa manajer investasi berkaitan dengan pembobolan ini. Lari ke beberapa perusahaan efek, sudah ada dua yang masuk. Ada juga yang ke saham," katanya.

Namun, berapa jumlah manajer investasi itu, Yunus meminta agar hal itu ditanyakan langsung kepada polisi. "Tanya saja polisi, saya tidak ingat jumlahnya," ujarnya.

Berkas pemeriksaan tahap pertama tersangka pembobol dana Elnusa telah dilimpahkan. Enam berkas tersangka telah dibuat secara terpisah.

Enam tersangka itu masuk dalam sindikat pembobolan dan berhasil menggondol Rp111 miliar. Sindikat ini diduga juga melibatkan pejabat PT Bank Mega Tbk.

Para pelaku yang diduga terlibat adalah Direktur Keuangan Elnusa SN alias Santun Nainggolan, Kepala Cabang Bank Mega Jababeka, Itman Harry Basuki, Direktur Utama PT Discovery berinisial ICL, Komisaris PT Har berinisial HG, otak pelaku berinisial RL dan staf PT Har berinisial TZS.

Para tersangka membagikan 20 persen dari dana hasil pembobolan deposito Elnusa, sedangkan sisanya sebesar 80 persen digunakan untuk investasi saham. Tersangka ICL awalnya menyebutkan telah menginvestasikan dana deposito Elnusa sebesar Rp87 miliar dari jumlah total Rp111 miliar.

Namun, penyidik mengendus tersangka ICL menginvestasikan dana sebesar Rp55,4 miliar dari total Rp111 miliar pada lima perusahaan investasi. (art)

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran
Brigade al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Komandan kelompok bersenjata Palestina Al-Quds, Brigade Tulkarm di Tepi Barat, Abu Shujaa yang diberitakan telah terbunuh oleh pihak Israel pekan lalu, tiba-tiba muncul.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024