Video: 'Angkernya' Bundaran HI

Bundaran HI
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Sebuah sedan BMW tercebur masuk kolam Bundaran Hotel Indonesia dini hari tadi, Jumat 17 Juni 2011. Mobil berpelat B141 WF itu kehilangan kendali sehingga menabrak pembatas Bundaran. Pengemudi yang memacu kendaraan dari arah jembatan Semanggi itu diduga mengantuk. Dia hanya mengalami luka ringan.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Insiden ini menambah panjang deretan mobil yang masuk  ke kolam Bundaran HI. Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya mencatat, kecelakaan itu adalah kali ketujuh terjadi di tahun ini.  Selengkapnya lihat videonya di sini

Pada 8 Januari 2011, sedan Porrsche Boxter B 8707 OM tercebur karena menabrak beton pembatas bundaran. Kemudian, 22 Januari dini hari, Toyota Innova juga tercebur. 

Empat bulan kemudian, sebuah mobil Toyota Avanza juga tercebur di kolam Bundaran HI. Kecelakaan itu terjadi pukul 03.00 WIB, Rabu 18 Mei 2011. Mobil yang dikendarai Roy Indra Franrsiskus itu melaju dalam keadaan kencang di Jalan Sudirman menuju Thamrin Lalu, Toyota Corolla terjun ke kolam Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu pagi, 25 Mei 2011

Menurut Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa, secara struktur, tidak ada yang bermasalah di jalan sekitar Bundaran HI. Polisi justru mendapatkan penyebab mobil nyemplung ke kolam karena kesalahan pengemudi.

"Pengemudi didapatkan dalam keadaan mengantuk, mabuk, dan menyetir dalam kecepatan tinggi," jelas Royke.

Karena itu Royke tidak menyarankan betonisasi atau peninggian dinding di sekitar Bundaran HI. "Kalau itu dilakukan akan mengurangi estetika Bundaran HI. Bahkan lebih berbahaya kalau dibeton," jelasnya.

Walau belum menimbulkan korban jiwa, polisi memikirkan sejumlah solusi agar tidak ada lagi mobil yang terjun masuk ke kolam. Salah satunya adalah menambah jumlah rambu di sekitar Bundaran HI, terutama rambu yang bisa menyala di malam hari. Rambu itu akan dipasang sebelum Bundaran HI dari arah Kota ke Semanggi, dan sebaliknya.

"Jenis model spotlight yang bisa menyala di malam hari. Rambu panah ke arah kiri, di pinggir jalan," jelas Royke.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024