Hari Ini Kereta Ekspres Ditiadakan

Kereta di DIPO KRL Depok
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Menyusul diberlakukannya aturan single operation, hari ini, Sabtu 18 Juni 2011, PT Kereta Api Indonesia akan melakukan uji coba. Menurut Corporate Secretary PT KAI Commuter Jabodetabek Makmur Syaheran uji coba dilakukan untuk mengetahui adanya masalah baik dari segi infrastruktur maupun sarana.

"Termasuk juga harga karcis. Semua menyesuaikan dengan rencana 2 Juli nanti," kata Makmur saat dihubungi VIVAnews.com.

Single operation adalah mekanisme baru yang mengharuskan seluruh rangkaian kereta Jabodetabek berhenti di setiap stasiun, termasuk kereta rangkaian listrik ekspres Jabodetabek. Dengan berlakunya pola operasi ini, maka hanya ada dua kereta yang dijalankan yaitu kereta ekonomi yang mendapat subsidi dari pemerintah dan kereta Commuter Line yang nonsubsidi.

Seperti diketahui, saat ini PT KAI menjalankan tiga jenis kereta, yaitu ekonomi, ekonomi AC, dan ekspres. Dua layanan terakhir akan dihapus dan digantikan Comutter Line.

Harga karcis kereta ekonomi tidak naik yaitu dengan tarif Rp1.000 hingga Rp2.000. Sementara itu, kereta Commuter Line untuk tujuan Bogor-Jakarta bertarif Rp9.000, rute Bekasi-Jakarta Kota Rp8.000, dan tujuan Manggarai-Serpong Rp8.000.

Itu artinya, penumpang kereta ekonomi AC Bogor-Jakarta yang sedianya membayar karcis seharga Rp5.500, hari ini harus membeli tiket dengan harga Rp9.000.

Sementara itu, anggota komunitas pengguna kereta, KRL Mania, Agam faturahman mempertanyakan uji coba dengan ikut menyertakan kenaikan tarif. "Kalau yang diujicoba infrastrukturnya, kenapa tarif juga diujicoba segala," kata Agam. (umi)

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti
Drama  Sungkyunkwan Scandal

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Pada 2010, drama Korea Sungkyunkwan Scandal meraih kesuksesan yang luar biasa di kalangan penonton. Namun, seiring berjalannya waktu, drama ini mulai sulit ditonton

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024