Pederita HIV Jadi PRT Demi Susu Anak

Peringatan Hari AIDS Sedunia
Sumber :
  • AP Photo/ Hussein Malla

VIVAnews - Menjadi pembantu rumah tangga mungkin bukan pilihan hidup Zb (32) untuk menyambung hidupnya bersama buah hatinya, Rf (4). Keduanya mengidap Human Immunodeficiency Virus.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Setelah kepergian suaminya Sg (32), karena mengidap penyakit yang sama, Zb bertahan hidup dengan menjadi pembantu rumah tangga harian di rumah majikannya yang berada di Kawasan Klender, Jakarta Timur.

"Karena ini jalan satu-satunya mendapatkan uang demi membeli susu dan membiayai pengobatan anak. Majikan tidak tahu kalau saya dan anak saya memiliki penyakit HIV. Saya masih seperti layaknya wanita normal saja," ujar Zb kepada VIVAnews.com saat ditemui di kediamannya, di Kelurahan Mampang, Pancoran Mas, Depok, Selasa 28 Juni 2011.

Menurut pengakuan Zb, sebenarnya dia juga ingin menutupi status penyandang HIV dari lingkungan sekitar. "Namun karena 2009 kemarin saya diwawancara oleh Global TV, dan semua tetangga menonton, jadi saya dicap orang berpenyakit HIV. Saya langsung agak lemas. Tapi saya sekarang pasrah," ungkapnya.

Beberapa waktu lalu dia dan anaknya sempat dikabarkan meninggal. Mengetahui itu, Zb sempat kaget. "Sedih dengar berita itu. Banyak yang bilang saya meninggal atau apa. Saya mah pasrah dan ikhlas saja dengan takdir ini. Sekarang yang saya pikirkan bagaimana merawat Rf sebaik mungkin," tambahnya.

Dengan kondisi yang seperti itu, Zb mengaku sedih dengan kurangnya perhatian pemerintah Kota Depok kepada dirinya. "Ya saya orang susah. saya hanya bisa berharap kalau bantuan pengobatan itu datang ke anak saja, saya sudah bersyukur," terang dia.

Zb selalu bersedih ketika dirinya sedang bersama Rf saat libur kerja. "Saya sering melihat Rf lebih dekat. Kenapa harus Rf yang menderita dengan penyakit itu, dia tidak punya salah apa-apa, dia masih kecil. saya hanya berharap dengan doa, ada kekuatan dia bisa sembuh," tuturnya seraya menyeka air mata. (umi)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024