Dinas PU Diminta Jeli Perbaiki Jalan Jakarta

Jalan rusak di Jakarta
Sumber :
  • bataviabusway.com

VIVAnews - Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta diminta untuk mengoptimalkan perbaikan sejumlah jalan rusak di Jakarta, meski dana yang dialokasikan untuk perbaikan ini sangat kecil.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, meminta Dinas PU jeli agar perbaikan jalan bisa maksimal. Perbaikan yang harus diutamankan adalah jalan yang kondisinya harus direhab secara total. "Jangan jalan yang masih bagus diperbaiki. Perencanaan perlu dioptimalkan," ujar Fauzi Bowo di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 8 Juli 2011.

Menanggapi pernyataan Polda Metro Jaya terkait angka kecelakaan lalu lintas di Jakarta, akibat jalan rusak yang tinggi jumlahnya, dibantah Fauzi Bowo. Menurutnya, kecelakaan akibat kedisiplinan pengguna jalan lebih tinggi dibanding karena jalan rusak.

"Coba tanya Polda Metro, jangan yang disebut hanya akibat jalan rusak saja. Yang tidak disiplin itu jauh lebih tinggi," tegasnya.

Seperti diketahui, sbanyak 1.010 ruas jalan di lima wilayah DKI Jakarta mengalami kerusakan karena kurangnya pemeliharaan. Kondisi terparah berada di kawasan Jakarta Barat.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Ery Basworo, ini disebabkan karena anggaran untuk pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur jalan di tahun 2011 menurun cukup signifikan.

Menyikapi hal itu, Dinas PU DKI mengusulkan perbaikan jalan di Jakarta Barat menjadi dedicated program pembangunan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun Anggaran 2012.

"Anggaran pemeliharaan dan perbaikan tingkat Suku Dinas menurun Rp60-70 miliar. Tahun lalu Rp80-90 miliar. Dinas juga turut dari Rp441 miliar menjadi Rp221 miliar di tahun 2011," ujar Ery di Jakarta.

Dinas PU akan mengusulkan program unggulan perbaikan jalan di Jakarta Barat dalam APBD DKI 2012 dengan anggaran sekitar Rp35 miliar.

2 Pembunuh Sadis Kakek Renta di Garut Ditangkap, Apa Motifnya?
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Kata Shin Tae-yong Usai Justin Hubner Tak Diizinkan Cerezo Osaka Gabung Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait gagal bergabungnya Justin Hubner ke dalam skuad yang akan melakoni laga playoff Olimpiade 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024