Akhir Juli Tiket Kereta Lebaran Bisa Dipesan

Kereta Api
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Menjelang hari raya Idul Fitri yang jatuh pada akhir Agustus 2011, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kereta api. PT KAI memberikan fasilitas pemesanan tiket yang dibuka mulai akhir Juli atau H-40.

Pada tahun lalu, PT KAI membuka pemesanan tiket dengan jarak waktu H-30. Kini diperpanjang untuk melakukan peningkatan pelayanan mengingat setiap tahunnya, mulai H-30 pemesanan semakin membludak.

"Jadi, kalau lebih jauh kan persiapannya juga lebih mantap. Sehingga, orang juga tidak terlalu terburu-buru melakukan pemesanan," ujar Direktur Operasional PT KAI, Bambang Irawan di Jakarta, Kamis 14 Juli 2011.

Calon penumpang bisa melakukan pemesanan di loket-loket yang telah disediakan. Bisa juga di agen, kantor pos dan mini market Indomart yang sudah bekerja sama dengan PT KAI. Termasuk pemesanan melalui call centre, ATM dan datang langsung ke stasiun terdekat.

"Kalau di luar Jakarta seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur kami siapkan pemesanan mobile yang langsung datang ke lokasi-lokasi keramaian. Layanan ini diberlakukan untuk lokasi-lokasi yang jauh dari stasiun dan kantor pos. Jadi masyarakat bisa memesan di loket mobile," katanya.

Bambang menjelaskan, untuk masa anggkutan lebaran diberlakukan selama 18 hari dan dimulai lima hari sebelum lebaran yaitu 25-29 Agustus dan 11 hari pasca lebaran yaitu tanggal 1-11 September. Sedangkan dua hari lainnya adalah saat hari H.

Dalam angkutan lebaran ini, pihaknya menyiapkan 26 kereta tambahan dan 198 kereta api reguler. Nantinya, kereta ini yang akan melayani angkutan lebaran yang berlaku mulai tanggal 25 agustus mendatang. Selain itu, prediksi puncak keberangkatan dari Jakarta diperkirakan mulai pada H-3 dan kedatangan H-11.

"Kalau sebelumnya kita prediksi puncak arus balik pada H-7, ternyata sejak beberapa tahun ini justru peningkatan pada H-11," jelasnya. (sj)

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024