DKI Kesulitan Terapkan Pajak Sistem Online

ilustrasi pajak
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews - Sistem pendataan dan pungutan tiga jenis pajak secara daring (online) di DKI Jakarta baru terealisasi 81 persen. Tiga jenis pajak itu hiburan, restoran dan hotel. Sistem ini baru diberlakukan pada 2010 lalu.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

Dari target tahap pertama sebanyak 800 wajib pajak, baru terealisasi 647. Menurut Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, belum tercapainya target itu, karena masalah teknis terkait spesifikasi mesin elektronik dan komputerisasi yang belum bisa diterapkan pada semua wajib pajak.

Untuk mengatasi permasalahan itu, telah dilakukan penyesuaian sistem aplikasi pada spesifikasi mesin. "Serta dilakukan penyesuaian terhadap hardware (black box), yang merupakan instrumen untuk menghubungkan mesin cash register dengan sistem jaringan komunikasi data," kata Fauzi Bowo.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengambil inisiatif untuk mengurangi anggaran sistem online tahap II dalam usulan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan DKI 2011.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Saat ini sedang dilakukan kajian dan evaluasi pelaksanaan pajak online tahap I dan proses penetapan anggaran tahun jamak online sistem pajak daerah yang diperkirakan selesai pada September 2011. Sehingga waktu efektif pelaksanaan pajak sistem online diperkirakan pada bulan November dan Desember 2011.

Sementara itu, Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta Iwan Setiawandi mengungkapkan, karena target belum tercapai, maka dia berharap sisanya dapat selesai di 2011 ini.

Setelah target selesai, akan dilakukan evaluasi pelaksanaan sistem pajak online tahap I, sebelum melanjutkan tahap II dengan target sekitar 3.000 wajib pajak yang akan menerapkan pajak secara online. (ren)

Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024