Tiket KA H-3 Lebaran Sebagian Besar Habis

Mudik Lebaran 2008 - 5
Sumber :
  • AP Photo/Tundra Laksamana

VIVAnews - Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, penjualan tiket kereta api (KA) di loket Stasiun Gambir, Jakarta Pusat tidak diwarnai antrean panjang. Penjualan tiket kelas bisnis dan eksekutif untuk keberangkatan jelang Hari Raya Idul Fitri berjalan lancar.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Antrean yang tidak terlalu panjang ini dimungkinkan karena masyarakat pengguna KA sudah menggunakan fasilitas pemesanan tiket melalui gerai-gerai Indomaret secara online dan juga Kantor Pos.

Menurut pantauan VIVAnews.com, Senin siang, 18 Juli 2011, meski antrean cukup panjang namun calon penumpang cukup tertib dan tidak berdesak-desakan. Beberapa calon penumpang tampak mengisi formulir pemesanan tiket KA untuk keberangkatan H-3 atau 27 Agustus 2011 yang dapat dibeli hari ini.

Sukirman (38), salah seorang calon penumpang dengan tujuan Surabaya mengaku tidak mengira antrean tiket tahun ini tidak terlalu panjang.

"Saya kira antreannya akan sangat panjang karena hari ini kan khusus pembelian tiket untuk H-3 dan biasanya berdesak-desakan, seperti tahun kemarin. Saya dengar dari beberapa calon penumpang lain, kebanyakan beli tiketnya online di gerai Indomaret," tuturnya.

Sukirman mengatakan, dirinya sudah tahu jika pembelian tiket kereta api bisa dilakukan di tempat-tempat itu. Namun menurut dia lebih meyakinkan kalau membeli langsung di stasiun karena belum terbiasa.

"Saya belum terbiasa jika harus membeli di Kantor pos atau Indomaret. Makanya tetap ke Stasiun. Lebih afdol rasanya," terang dia.

Sementara itu, tidak sedikit calon penumpang yang kecewa karena kehabisan tiket untuk keberangkatan H-3. Seperti Firman (32) yang berniat memperoleh tiket kereta api eksekutif Argo Ang­grek jurusan Jakarta-Surabaya untuk keberangkatan 27 Agustus 2011.

"Saya mengantre sejak pukul 08.00 tapi saat saya lihat di layar, ternyata tempat duduk sudah tak tersedia. Mau bagaimana lagi, besok saya akan coba datang lebih pagi, soalnya tadi kata petugas keamanan sudah banyak yang antri dari subuh," kata Firman.

Dia juga kaget karena har­ga tiket naik hingga dua kali lipat mencapai Rp650 ribu. "Padahal, hari biasa cuma Rp 320 ribu. Tapi ppa boleh buat ya dibeli saja dari pada tidak pulang kampung," ungkapnya.

Sebelum memutuskan mem­beli tiket kereta Lebaran, Firman sem­pat mencari tahu harga tiket pesawat dengan jurusan yang sama. "Saya tanya ke agen, katanya harganya pa­ling murah Rp800 ribu, itu pun masih bisa naik lagi menjelang Idul Fitri. Jadi saya memutuskan lebih baik menggunakan KA saja," ucapnya.

Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024