Jelang Mudik, Kemhub Tambah Kapal di Merak

Aktivitas di Pelabuhan Merak
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah berjanji akan menambah jumlah armada transportasi menyambut tradisi mudik jelang lebaran nanti. Penambahan armada terutama dipusatkan pada moda transportasi penyeberangan antar pulau.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Freddy Numberi di Kementerian Perhubungan Jakarta, Senin, 18 Juli 2011. Dia mengatakan Kemhub telah berencana menambah jumlah armada kapal laut di Merak hingga 4-5 kapal.

"Kita menarik kapal dari beberapa daerah untuk ke Merak. Setelah kita hitung kapal yang beroperasi di Merak-Bakauheni setiap harinya, tidak boleh kurang dari 24 kapal. Lebaran nanti kita tambah 4-5 kapal, jadi jumlah seluruhnya menjadi 28-30 kapal," ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan pada moda transportasi udara. freddy mengatakan maskapai penerbangan akan meningkatkan frekuensi terbang setiap jamnya. Hal ini untuk memudahkan pengangkutan lebih banyak penumpang setiap maskapainya.

Sementara untuk moda transportasi kereta, Freddy mengatakan telah menyiapkan kereta ekstra yang akan beroperasi di luar jam-jam keberangkatan. Sebelumnya, hal ini disampaikan oleh Dirut PT. KAI, Ignasius Jonan.

Pekan lalu dia mengatakan PT. KAI akan menambah 29 29 rangkaian baru menjelang lebaran. Kemungkinan akan ditambah lagi jika mendapat animo tinggi. Dia menjelaskan untuk harga tarif kereta menjelang lebaran akan dijual dengan harga tiket terjauh.

Ia mencontohkan untuk jurusan Jakarta-Surabaya, namun turun di stasiun sebelum Surabaya maka dikenakan jarak Jakarta-Surabaya. Sementara untuk kenaikan harga, KAI belum mengumumkannya. (adi)

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024