Tiket KA Jurusan Jawa Tengah dan Timur Ludes

Antrean tiket kereta api beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Tiket keberangkatan kereta api untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur, dari tanggal 25 sampai 27 Agustus 2011 sudah habis terjual. Cepatnya penjualan tiket karena jelang libur Lebaran tahun ini pemesanan bisa dilakukan 40 hari sebelum hari keberangkatan.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Sehingga banyak calon penumpang yang membeli tiket sejak dini. Tercatat untuk 13.000 tiket kereta kelas eksekutif dan bisnis habis terjual kemarin.

Saat ini tiket kereta api bisa didapatkan melalui on line, dan gerai-gerai yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), serta tiket drive thru. Layanan ini ditujukan untuk mempermudah penumpang mendapatkan tiket, dan menghindari pembelian tiket dari calo.

Kepala Stasiun Gambir, Edi Kusworo mengatakan setiap tahun pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu menjelang Lebaran. Mulai dari posko keamanan, posko kesehatan dan pusat informasi di tiap stasiun yang menjadi kantong-kantong para pemudik.

Menurutnya, meskipun tiket sudah habis terjual, PT KAI sudah mempersiapkan gerbong tambahan dan kereta tambahan. Dia menjelaskan, satu gerbong kereta api kelas eksekutif mampu menampung hingga 50 penumpang. Dalam tiap perjalanan ada sekitar enam hingga tujuh gerbong. "Jika pada hari H penumpang semakin banyak akan dilakukan penambahan hingga sembilan gerbong. Jadi mampu mengangkut sebanyak 450 penumpang," terangnya.

Tiket yang telah habis antara lain, KA Argo Lawu (Solo-Gambir), KA Gajayana (Malang-Gambir), Komunitas Utara (Tanah Abang-Surabaya Pasar Turi), KA Kertajaya (Tanjung Priok-Surabaya Pasar Turi), KA Mantab (Tanah Abang-Madiun), KA Cirebon Ekspres (Cirebon-Gambir), dan KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi).

Sementara itu Kepala Stasiun Senen Yuskal Setiawan mengatakan, tiket kereta bisnis di Stasiun Senen juga sudah habis. Yuskal menerangkan, dalam satu perjalanan kereta api bisnis, Stasiun Senen mendapat jatah 500 kursi untuk dijual. Dan untuk tiket tanpa tempat duduk bisa dijual sampai batas tertentu.

Selain di Stasiun Senen, kata dia, jatah tempat duduk juga ada di Stasiun Jatinegara dan Bekasi. Untuk kereta yang tiketnya sudah habis terjual antara lain KA Tawang Jaya;KA Senja/Utama Yogyakarta; Fajar Utama Yogyakarta; Sawung Galih dan KA Matarmaja (Pasar Senen-Malang).

Sementara itu, pemesanan tiket kereta ekonomi baru akan dibuka dua minggu sebelum hari H. "Kita baru akan membuka penjualan tiket ekonomi dua minggu sebelum hari raya," ungkap Yuskal.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia
Phil Foden saat Manchester City vs Manchester United

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Manchester City akan datang ke markas Brighton dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express pada Jumat dini hari nanti, 26 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024