700 Ribu Kendaraan Per Hari Masuk Jakarta

Kemacetan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Polda Metro Jaya mencatat sekitar 700 ribu kendaraan dari wilayah penyangga seperti Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi yang saban hari masuk ke Ibu Kota.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa mengatakan, masuknya ratusan ribu kendaraan per hari dari wilayah sekitar Jakarta menyebabkan kemacetan. Jumlah kendaraan yang datang dari berbagai wilayah itu belakangan ini kian meningkat. Itu sebabnya kemacetan kian parah."Ini penyumbang signifikan atas kemacetan," katanya, Selasa, 19 uli 2011.

Sementara, kata dia, pertambahan sepeda motor yang beredar di jalan raya Jakarta sebanyak 890 unit perhari. Sedangkan jumlah mobil bertambah 240 unit. "Pertumbuhan ini juga yang menyebabkan kemacetan di Jakarta semakin parah," tambah dia.

Dia melanjutkan, jumlah kendaraan yang beredar di Jakarta saat ini ada 11.362.396 unit. Roda dua 8.244.346 unit dan roda empat 3.118.050 unit. Dari jumlah ini, 98% adalah kendaraan pribadi sisanya sebanyak 859.692 unit atau 2% nya angkutan umum yang mengangkut 66% total penduduk Jakarta. "Memang siap tahunnya tren jumlah kendaraan pribadi seperti motor dan mobil terus meningkat," tuturnya.

Kondisi ini diperparah dengan tidak singkronnya pertumbuhan jalan dan kendaraan. Panjang jalan di Jakarta hanya 7.650 km dan luas jalan 40,1 km atau 0,26% dari luas wilayah DKI. Sedangkan pertumbuhan panjang jalan hanya 0,01% per tahun.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Belum lagi tingginya angka perjalanan di Jakarta yang mencapai 21 juta perhari. Royke mengaku pihaknya menempuh berbagai cara guna meredam kemacetan. Salah satunya melalui pembatasan kendaraan berat di Tol Dalam Kota.

Namun, menurut dia, untuk mengerem ledakan kendaraan bermotor diperlukan transportasi publik yang memadai, murah, aman, dan nyaman.

Saat ini pemerintah  tengah mengkaji sejumlah terobosan. Antara lain kemungkinan penambahan infrastruktur jalan bersusun sampai penambahan jaringan angkutan massal seperti kereta api, MRT, dan monorail. Alaternatif yang juga sedang digodok adalah pemberlakuan electronic road pricing (ERP). Semuaa kendaraan di jalur tertentu akan dikenai biaya.

Timnas Qatar U-23 Vs Jepang

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Qatar U-23 dipastikan gugur di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Itu setelah mereka dikalahkan Jepang dengan skor 2-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayy

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024