Jumlah Pemudik Angkutan Umum Naik 15 Persen

Arus Mudik Di Pelabuhan Merak Mulai Padat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah penumpang angkutan Lebaran 2011 mengalami peningkatan sebesar 15 persen. Hal ini berdasar dari realisasi jumlah penumpang angkutan tahun sebelumnya.

Diperkirakan terjadi peningkatan dari realisasi jumlah penumpang angkutan Lebaran 2010. Dengan demikian diperkirakan pada angkutan Lebaran tahun ini terdapat 2.863.500 orang.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso, selaku ketua tim arus mudik Lebaran 2011 mengatakan, kenaikan paling tinggi diperkirakan terjadi pada penumpang angkutan laut. Moda transportasi ini akan naik hingga 15 persen dibanding dengan angkutan lain.

"Sudah dikoordinasikan kepada 12 kepala dinas perhubungan provinsi untuk persiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2011," katanya Selasa, 19 Juli 2011.

Dirut PT. KAI, Ignasius Jonan mengatakan PT. KA akan menambah  29 rangkaian baru menjelang lebaran. Kemungkinan akan ditambah lagi jika animo masyarakat tinggi. Harga tarif kereta lebaran akan dijual dengan harga tiket terjauh.

Sementara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Hery Bhakti mengklaim dapat menangani lonjakan penumpang Lebaran dengan alokasi kelebihan kapasitas kursi 15-20 persen.

Kelebihan kapasitas itu, menurutnya, dapat menampung peningkatan penumpang angkutan Lebaran yang diperkirakan meningkat sekitar 15 persen pada tahun ini. Menurutnya, jumlah penumpang pesawat angkutan Lebaran 2010 tercatat sebanyak 2,49 juta orang atau meningkat 15,52 persen dari 2009.

Peningkatan juga terjadi pada pemudik sepeda motor. Jumlah ini diprediksi meningkat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan sepeda motor di Jabodetabek. Berdasarkan perhitungan Dirlantas Polda Metro Jaya, setiap hari ada 890 unit motor baru beredar di wilayah itu.

Penambahanan pemudik sepeda motor akan membuat kepadatan di jalur Pantura. Kemacetan akan terjadi karena masih saja ada jalan rusak di wilayah tersebut.

Terkait terjadinya peningkatan pemudik roda dua, seluruh perusahaan yang biasa mengadakan acara mudik bareng diminta untuk menyiapkan truk pengangkut motor.

"Kami imbau, agar perusahaan seperti pabrik dan sejenisnya membantu pemerintah dengan menyiapkan angkutan mudik bareng bersama perusahaan, sehingga kemacetan di jalan berkurang," kata Dirjen Darat Kemenhub, Suroyo Alimoeso. (eh)

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024