Janggal, Penyidik Bersaksi di Kasus iPad

Randy dan Dian menjalani persidangan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Banyak kejanggalan dalam proses persidangan kasus iPad dengan terdakwa Randy Lester Samu dan Dian Yudha Negara. Arbijoto, saksi ahli yang hadir dalam persidangan hari ini menganggap ada kewenangan jabatan atau abuse of power yang dilakukan polisi, karena penyidik merangkap menjadi saksi.

Menurut Arbijoto, bila ada kejanggalan dalam penyidikan, seharusya proses peradilan tidak dilanjutkan. Apalagi penyidik sudah merangkap saksi. "Asas legalitasnya tidak terpakai," jelasnya.

Sementara penasehat hukum terdakwa, Virza Roy Hizzai mengatakan, proses peradilan dalam kasus ini adalah sesat. Karena terdapat berbagai kejanggalan. 

Kejanggalan pertama yaitu semua saksi dalam kasus ini adalah penyidik. Hampir seluruh saksi dalam persidangan itu adalah penyidik. "Mereka bertukar peran menjadi saksi,” jelasnya seusai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa, 19 Juli 2011.

Atas kejanggalan ini, penasehat hukum balik mempertanyakan kepada jaksa penuntut mengapa kasus ini tetap berjalan meski terdapat kejanggalan.

Kejanggalan yang lain yaitu keterangan saksi dengan BAP saling tidak berkesesuaian. Vicktor Dedy, salah satu anggota penasehat hukum terdakwa juga menyoroti keterangan saksi itu.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

"Saksi Eben mengatakan ada penggeledahan sedangkan saksi Dimas membantah ada penggeledahan," paparnya.

Dalam fakta persidangan terungkap bahwa penggeledahan di Kantor PT. Aria Jaya Formasi,  di Jalan KH. Mas Mansyur, Jakarta Pusat, polisi tidak membwa surat pengeledahan, yang ditunjukkan kepada Yudi, atasan terdakwa. Tapi polisi hanya membawa surat perintah penangkapan.  "Dari keterangan Yudi, polisi hanya menunjukkan satu surat saja," jelasnya.

Penasehat hukum terdakwa menduga dakwaan jaksa berdasar pada dokumen palsu, yang di antaranya surat penggeledahan, dokumen BAP. Untuk itu, penasehat akan mempertanyakan permasalahan ini kepada hakim.  (eh)

Ilustrasi memakai sunscreen

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Memakai sunscreen atau tabir surya saat keluar rumah sangat penting, terlebih Indonesia merupakan negara tropis yang 'bersahabat' dengan sinar matahari.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024