DKI:Tak Ada Daging Glonggongan selama Ramadan

Kios daging sapi di suatu pasar.
Sumber :
  • ANTARA/Arief Priyono

VIVAnews - Jelang bulan Ramadhan, penjualan daging sering kali menjadi keluhan masyarakat. Terutama soal adanya daging ayam dan sapi glonggongan (disuntik air sehingga lebih berat) di pasaran.

Menanggapi permasalahan itu, Pemprov DKI Jakarta memastikan daging glonggongan belum ditemukan di pasaran Jakarta.

"Daging glonggongan di Jakarta selama ini belum ada," kata Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian, Ipih Ruyani, di Jakarta, Jumat, 22 Juli 2011.

Meski begitu, menurut Ipih, yang biasa terjadi adalah adanya daging berformalin yang dicampur dengan daging celeng dan bangkai ayam.

"Menjelang puasa permintaan daging dan ikan selalu mengalami peningkatan. Oleha karena itu kami akan terus memantau distribusi daging sejak di rumah pemotongan hewan (RPH) sapi dan unggas, gudang importir/distributor ikan, dan di pasar tradisional dan swalayan," ungkapnya.

Menurut Ipih, Dinas akan meningkatkan pengawasan mulai H-7 puasa sampai H+7 lebaran terhadap kesehatan dan kelayakan daging. Saat ini, lanjut dia, harga daging masih dalam kondisi normal, yakni sekitar Rp26.000-Rp30.000 per ekor untuk ayam dan daging sapi sekitar Rp65.000-Rp70.000 per kilogram.

"Bulan lalu harga daging ayam sempat turun sekitar Rp18.000-Rp20.000," kata dia.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Persediaan Cukup

Ipih menuturkan, stok daging sapi, ayam, dan ikan untuk kebutuhan puasa masih dirasa cukup hingga semester II/2011. Untuk wilayah DKI Jakarta, kebutuhan daging ayam sebanyak 600-800 ribu ekor per hari dan daging sapi 3.400 ton per bulan. 

"Biasanya jelang lebaran kebutuhan tersebut meningkat sekitar 50 persen," ungkapnya.

Beberapa daerah yang menjadi pemasok kebutuhan daging di Jakarta antara lain, Sukabumi, Ciamis, Tasikmalaya, Tangerang dan Lampung.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Direncanakan, pada 27-28 Juli 2011 Pemprov DKI bertemu dengan beberapa daerah pemasok membahas kebutuhan daging selama Ramadan hingga Idul Fitri. (ren)

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024