Foke Larang Warga Terapi di Atas Rel Kereta

Warga yakini berbaring di rel sebagai terapi listrik
Sumber :
  • Antara/ Agung Fatma Putra

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengimbau kepada warga Jakarta agar tidak melanjutkan terapi pengobatan di atas rel kereta api Rawabuaya, Jakarta Barat. Selain tidak dapat dipertanggungjawabkan secara medis, terapi itu juga membahayakan keselamatan.

"Saya sudah minta kepada lurah dan camat untuk mengimbau warga agar tidak melakukan hal-hal yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," ujar Fauzi Bowo di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 22 Juli 2011.

Fauzi Bowo bahkan membantah, alasan warga lebih memilih terapi pengobatan di rel listrik karena Puskesmas di wilayah mereka tidak dapat memberikan pelayanan optimal, khususnya bagi warga yang tidak mampu.

"Ini masalah orang yang mindsetnya keliru saja, dari dulu Puskesmas kecamatan kami dapat ISO, dan ISO bukan diberikan cuma-cuma, ada tes dan penilaiannya," katanya.

Indikator kesehatan masyarakat di Kota Jakarta bukan hanya bisa dilihat dari kondisi Puskesmas saja. Maka dari itu, lanjut dia, pilihan warga untuk mengikuti terapi pengobatan rel listrik itu harus diluruskan dan tidak bisa dikaitkan dengan asumsi rendahnya pelayanan kesehatan di Jakarta.

"Berulang kali saya sampaikan indikator keberhasilan kesehatan masyarakat di Ibukota Jakarta bukan hanya Puskesmas. Ada dari indikator lain lagi," kata dia.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menginstruksikan kepada petugas Puskesmas kelurahan dan kecamatan untuk memberikan penyuluhan terkait dengan terapi yang dilakukan warga.

"Pengobatan terapi dengan tidur di rel lebih banyak risikonya, serta membayakan diri sendiri dan orang lain," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati di Jakarta.

Dijelaskan Dien, hingga kini belum ada pernyataan atau penelitian yang menyatakan bahwa terapi rel listrik mampu menyembuhkan penyakit. Pihaknya mengimbau agar warga tidak melakukan terapi rel listrik itu lagi. (adi)

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri
VIVA Militer: Letkol In Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

Raja Aibon tak akan pernah mati.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024