Akhir Tahun, Terminal Lebakbulus Dikosongkan

Terminal Kampung Rambutan Sepi Pemudik
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menghentikan aktivitas bus dan loket di Terminal Lebakbulus, Jakarta Selatan. Akhir 2011, area terminal yang lokasinya tepat di samping Stadion Lebakbulus itu akan dikosongkan. Nantinya, aktivitas akan dialihkan ke Terminal Kampungrambutan, Jakarta Timur.

Menurut Kepala Terminal Lebakbulus, Ferdinand Karel Wowor, pengosongan itu dilakukan guna mempercepat pembangunan depo mass rapid transit (MRT) yang akan dibangun di sekitar terminal.

Kemenkes Luncurkan SISP Healthcare, Misinya Ingin Hilangkan Penyakit Kanker

Rencananya, lokasi itu akan dijadikan tempat penyimpanan alat-alat berat untuk proyek MRT. Pihaknya juga telah  menyosialisasikan pemindahan kepada seluruh pengelola bus antar kota antar provinsi (AKAP).

"Rencananya dikosongkan akhir tahun ini, karena proyek MRT akan mulai digarap awal 2012," kata Wowor di Jakarta.

Dia mengakui, pemindahan ini mendapat penolakan dari pengelola bus AKAP. Keluhan itu, kata dia, juga sudah disampaikan dalam rapat di tingkat provinsi. "Semoga saja ada solusi terbaik agar pelayanan publik yang membutuhkan angkutan umum tidak terganggu," terang dia.

Ketua Koperasi Karyawan Bus Antar Kota (Kowanbisata) Terminal Lebakbulus, Sumardi, mengatakan pemindahan operasional Terminal Lebakbulus ke Kampungrambutan, harus dipersiapkan secara matang.

Meski begitu, dia berharap pemerintah tetap mencarikan alternatif di sekitar Jakarta Selatan. "Kami mendukung program pemerintah, tapi tolong dicarikan juga sebagai terminal pengganti dan masih di wilayah Jakarta Selatan juga," kata Sumardi.

Dia menilai, kepindahan justru akan menimbulkan masalah baru. Sebab, dikhawatirkan semakin menjamurnya terminal bus bayangan di sejumlah badan jalan di Jakarta Selatan. Sehingga itu dapat membuat kemacetan lalulintas kian parah. "Kami berharap Pemprov DKI Jakarta mengkaji rencana pemindahan ini," ungkapnya.

Jadwal Final Indonesia Vs China di Piala Thomas dan Uber 2024

Sedikitnya 282 bidang tanah perlu dibebaskan untuk koridor MRT dari Lebak Bulus menuju Bundaran Hotel Indonesia ini. Dana yang dianggarkan untuk pembebasan lahan tahun ini sebesar Rp580 miliar.

Rencana pembangunan MRT tahap pertama dilakukan dengan membangun rel dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI sepanjang 15,5 kilometer yang terdiri dari 10,5 kilometer di permukaan tanah serta 5 kilometer di bawah tanah.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan

Kombes Gidion: Penganiayaan Senior kepada Junior Taruna STIP Dianggap Tradisi

Kepolisian menetapkan seorang mahasiswa senior dari Sekolah Ilmu Tinggi Pelayaran (STIP) berinisial TRS (21) sebagai tersangka kasus penganiayaan, terhadap mahasiswa STIP

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024