Puasa, Polisi Tingkatkan Razia Gudang Sembako

Razia produk Cina
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metro Jaya akan meningkatkan pengawasan terhadap gudang-gudang penyimpanan sembako menjelang puasa. Hal ini dilakukan untuk mengatisipasi peredaran makanan kadaluarsa yang terjadi saat kebutuhan pokok meningkat selama Ramadan.

Penertiban dilakukan bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DKI Jakarta serta Balai Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM). Tim terpadu akan dibentuk untuk mengawasi ketersedian kebutuhan pokok.

"Petugas akan melakukan inspeksi mendadak terhadap gudang kebutuhan bahan pokok," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, di Jakarta, Senin 25 Jul- 2011.

Menurut Baharudin, hal ini dilakukan secara terpadu untuk menjamin kebutuhan sembilan bahan pokok dan keamanan selama bulan Ramadan. Petugas juga akan melakukan pengecekan di tempat yang dianggap rawan akan terjadinya penimbunan makanan, misalnya gudang beras.

"Petugas mengantisipasi kenaikan harga akibat terjadi penimbunan kebutuhan bahan pokok yang dilakukan oknum tertentu," katanya.

Seperti diketahui,  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meningkatkan pengawasan kesehatan, keamanan dan kelayakan konsumsi terhadap peredaran daging sapi, daging ayam dan ikan di ibu kota.

Hal ini dilakukan guna menjamin kualitas daging sapi dan ayam yang akan dikonsumsi warga Jakarta selama bulan puasa dan Hari Lebaran.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta, Ipih Ruyani, razia daging akan dilakukan pada malam hari, mulai H-7 bulan puasa hingga H+7 Lebaran ke seluruh pasar-pasar dan tempat pemotongan daging ayam dan sapi di lima wilayah DKI Jakarta.

Kordinasi dengan beberapa instansi terkait dan pemerintah daerah pemasok telah dilakukan terkait proses pengiriman pasokan daging ternak seperti ayam dan sapi serta ikan ke wilayah DKI Jakarta.

Pengawasan juga akan dilakukan pada peredaran daging dan ikan, baik di gudang importir atau distributor maupun pasar tradisional dan swalayan.

Ditambahkan Ipih, peningkatan pengawasan perlu dilakukan untuk mencegah adanya oknum yang memanfaatkan kondisi peningkatan permintaan dengan melakukan tindakan tidak bertanggung jawab seperti menjual daging yang tidak sehat atau tidak layak jual.

Usai Ditangkap Polisi, TikToker Galih Loss Minta Maaf, Janji Tak Buat Konten Serupa

Tindakan pengawasan akan dilakukan di lima wilayah dengan melakukan razia daging pada malam hari sekitar pukul 23.00 atau 24.00 WIB. Pelaksanaan razia masih disembunyikan agar razia tidak bocor. (eh)

Laporan: Siti Ruqoyah| Jakarta

Di Amerika Serikat, Sri Mulyani Bertemu CEO MCC Bahas Transportasi Publik di RI
VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024