Ini Dia Jalur Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Desain Baru Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • PT Angkasa Pura II

VIVAnews - Pemerintah telah menyetujui desain baru rencana induk Bandara Internasional Soekarno-Hatta  yang ditawarkan PT Angkasa Pura.

Ternyata Konsep Pernikahan Thariq Jiplak Acara Atta Halilintar Dahulu

Dalam desain terbaru itu terlihat Bandara Soekarno Hatta akan terhubung dengan Jakarta Outer Ring Road, terminal yang terpusat, bangunan interkoneksi antarterminal, people mover system, atau sistem penggerak otomatis tanpa awak yang merupakan fasilitas publik untuk memindahkan penumpang, pengunjung, dan karyawan dari terminal 1 (T1), T2, dan T3.

Selain itu, akan dibangun jaringan kereta api menuju bandara. Akses dari Jakarta dan Tangerang dapat dilalui moda kereta api. Pembangunan infrastruktur kereta api merupakan tahap awal pengerjaan.

Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrian Perhubungan, Bambang S Ervan, akses kereta menuju bandara ada dua jalur. Pertama dari Jakarta melalui Tangerang yang bentuknya commuter line. Jalurnya yaitu Stasiun Sudirman-Tanah Abang-Duri-Grogol-Bojong Indah-Kali Deres-Tanah Tinggi.

"Sedangkan trek penyambung dari Tanah Tinggi menuju bandara sedang dalam proses pembangunan. Saat ini tengah menunggu Keputusan Presiden tentang penunjukan PT Kereta Api," kata Bambang saat berbincang dengan VIVAnews.com, Rabu 27 Juli 2011.

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia, Begini Respon Jokowi

Bambang menambahkan, rencananya juga akan dibangun double trek di jalur kereta bandara yang sudah ada saat ini. "Proyek itu dikerjakan oleh Ditjen Perkeretaapian," ujar dia. 

Kemudian jalur kedua yaitu rute Manggarai-Pluit-Bandara. Untuk jalur ini, kata Bambang, akan menggunakan kereta ekspres line. Skema pembangunan ekspres line bandara merupakan kerjasama antara pemerintah dan swasta. Untuk itu proyeknya akan ditenderkan.

"Saat ini sedang dilakukan revisi detail engineering desain. Tapi sudah teranggarkan buat biaya pembebasan tanah," terang Bambang. (eh)

Universitas Al-Azhar Kairo Mesir

Selamat, 1.562 Peserta Lulus Uji Kompetensi Calon Mahasiswa Al Azhar Mesir 2024

Kementerian Agama (Kemenag) umumkan hasil akhir Uji Kompetensi Ikhtibar Tashfiyah Calon Mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir 2024. Sebanyak 1.562 peserta dinyatakan lulus

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2024