Ini Dia Jalur Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Desain Baru Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • PT Angkasa Pura II

VIVAnews - Pemerintah telah menyetujui desain baru rencana induk Bandara Internasional Soekarno-Hatta  yang ditawarkan PT Angkasa Pura.

Lionel Messi Beli Rumah, Alasannya Bikin Bengong

Dalam desain terbaru itu terlihat Bandara Soekarno Hatta akan terhubung dengan Jakarta Outer Ring Road, terminal yang terpusat, bangunan interkoneksi antarterminal, people mover system, atau sistem penggerak otomatis tanpa awak yang merupakan fasilitas publik untuk memindahkan penumpang, pengunjung, dan karyawan dari terminal 1 (T1), T2, dan T3.

Selain itu, akan dibangun jaringan kereta api menuju bandara. Akses dari Jakarta dan Tangerang dapat dilalui moda kereta api. Pembangunan infrastruktur kereta api merupakan tahap awal pengerjaan.

Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrian Perhubungan, Bambang S Ervan, akses kereta menuju bandara ada dua jalur. Pertama dari Jakarta melalui Tangerang yang bentuknya commuter line. Jalurnya yaitu Stasiun Sudirman-Tanah Abang-Duri-Grogol-Bojong Indah-Kali Deres-Tanah Tinggi.

"Sedangkan trek penyambung dari Tanah Tinggi menuju bandara sedang dalam proses pembangunan. Saat ini tengah menunggu Keputusan Presiden tentang penunjukan PT Kereta Api," kata Bambang saat berbincang dengan VIVAnews.com, Rabu 27 Juli 2011.

Korban Jiwa Akibat Demam Berdarah di Jombang Jatim Bertambah Jadi 9 Orang

Bambang menambahkan, rencananya juga akan dibangun double trek di jalur kereta bandara yang sudah ada saat ini. "Proyek itu dikerjakan oleh Ditjen Perkeretaapian," ujar dia. 

Kemudian jalur kedua yaitu rute Manggarai-Pluit-Bandara. Untuk jalur ini, kata Bambang, akan menggunakan kereta ekspres line. Skema pembangunan ekspres line bandara merupakan kerjasama antara pemerintah dan swasta. Untuk itu proyeknya akan ditenderkan.

"Saat ini sedang dilakukan revisi detail engineering desain. Tapi sudah teranggarkan buat biaya pembebasan tanah," terang Bambang. (eh)

Pochabar oleh Tiger Beer

Nongkrong Santai Ala Warung Korea di Pochabar

Salah satunya merk beer asal Singapura yang sudah terkenal, Tiger Beer yang baru saja memperkenalkan serangkaian pengalaman menarik dengan menjajakan aneka jananan terbai

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024