Korban Pelecehan di Busway Sulit Buat Aduan

ilustrasi
Sumber :

VIVAnews - S, 24 tahun, seorang karyawan yang merasa dirinya dilecehkan saat berada dalam bus Transjakarta terpaksa gigit jari. Sebab, kepolisian tidak bisa memproses laporan dia lantara tidak ada saksi yang melihat kejadian.

Saat itu dirinya hendak pulang kerja menuju rumahnya di kawasan Cipinang Muara. Dia menumpang TransJakarta jurusan Kampung Melayu yang penuh sesak. Di tengah perjalanan, S merasa diperhatikan secara terus menerus oleh lelaki inisial MH berusia 50 tahun.

S mengaku tidak menggunakan pakaian yang menarik perhatian. Menurutnya, dia menggunakan pakaian formal layaknya pekerja kantoran yakni kemeja lengan panjang dan celana panjang. S menilai pakaiannya tertutup. Tetapi entah apa yang ada dipikiran MH. S terus dilihati bahkan melihatnya tertuju ke bagian sensitif.

"Saya kaget, dalam keadaan penuh sesak itu, lelaki tersebut memegang tangan saya. Karena takut, saya langsung menarik tangan dan bergeser ketempat yang aman," ujar S kepada VIVAnews, Rabu 27 Juli 2011.

S mengira, dengan pindah posisi akan terbebas dari pria itu. Tetapi dugaannya salah. Lelaki tersebut malah mengikuti dan memintanya untuk membalikan badan ke arah MH.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Setiba di halte Kampung Melayu, S menceritakan apa yang telah dialami ke petugas Transjakarta. Petugas kemudian langsung menangkap MH untuk selanjutnya diserahkan ke Polsek Jatinegara.

Petugas menyarankan S untuk segera membuat laporan ke polisi agar bisa diproses lebih lanjut. Pasalnya MH sudah seringkali melakukan aksinya di dalam bus Transjakarta. Khususnya jika bus dalam keadaan penuh.

"Saya awalnya lapor ke Polsek Jatingera, tetapi petugas jaga menyarankan saya lapor ke Polres Jakarta Timur ke bagian Perlindungan Perempuan dan Anak. Ketika saya sampai Polres, karena tidak ada bukti dan saksi laporan saya tidak diterima," sesal S.

Revi, seorang petugas bagian pengendalian bus Transjakarta di Kampungmelayu, yang pertama kali menerima laporan itu mengatakan, ia bersama sejumlah rekannya langsung mengejar pelaku yang telah turun di Terminal Kampungmelayu.

"Korban lapor ke saya katanya telah digerayangi tangannya oleh pelaku. Saat lapor kondisi korban lemah, kelihatannya shock berat. Makanya pelaku kita tangkap," ujar Revi.

Namun di hadapan petugas Polsek Jatinegara, MH menampik tuduhan tersebut. Ia mengaku tidak pernah menggerayangi tangan korban. Ia bahkan berdalih memberitahukan pada korban agar geser sedikit karena banyak orang yang akan turun di Halte Jatinegara.

"Saya hanya mencolek tangan, maksudnya memberitahukan agar geser sedikit karena banyak penumpang mau turun. Dia malah marah-marah dan menuduh saya melakukan pelecehan seksual," kata Revi menirukan MH.

S berharap agar kasus tersebut tidak terulang kepada wanita lain. Dia menyarankan pihak Transjakarta menambah pengamanan khususnya bagi wanita. (eh)

Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024