Grand Design Soekarno Hatta

Cara Modern Atasi Masalah Sosial di Bandara

Desain Baru Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • PT Angkasa Pura II

VIVAnews - Bandara Soekarno Hatta akan segera dikembangkan menjadi kota mondern atau aerotropolis yang lengkap. Bangunan baru yang akan difungsikan sebagai integrated building itu akan memudahkan masyarakat untuk menikmati seluruh fasilitas yang ada di dalamnya.

Bagaimana desain lengkap mega proyek ini, fasilitas apa saja yang akan dibangun di situ, berapa luas area yang akan dipakai untuk komersial. Berapa luas arel yang didedikasikan untuk ruang komersial dan lainnya, memang belum diketahui.

Sebab hingga kini, "Masih dibuat desain detailnya. Ditunggu saja, setelah siap dibangun, akan segara diumumkan," kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura II, Hari Cahyono kepada VIVAnews.com, Rabu, 27 Juli 2011.

Menurut Hari Cahyono, sebelum detail desain diselesaikan dan proses pembangunan dimulai, PT Angkasa Pura II akan menuntaskan persoalan sosial yang selama ini terjadi di kawasan bandara. Seperti percaloan dan angkutan gelap. "Ini akan menjawab semua masalah yang dirasakan masyarakat. Semua persoalan sosial akan diselesaikan dengan standar modern," katanya.

Percepatan proses pembangunan Bandara Soekarno Hatta ini  harus dikerjakan, sebab jumlah  penumpang telah mencapai dua kali lipat dari kapasitas tersedia.

Saat ini bandara itu melayani 44,3 juta orang penumpang per tahun. Mereka dilayani 14 maskapai di jalur penerbangan domestik, dan 41 maskapai di rute internasional. Sementara itu, kapasitas terminal bandara itu saat ini hanya mampu melayani 22 juta penumpang per tahun.

Dengan proyek pengembangan ini diharapkan Bandara Soekarno Hatta mampu melayani melayani hingga 62 juta penumpang per tahun pada 2014. Perkiraan biaya proyek ini mencapai Rp11,7 trilyun.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024