Pembatasan Warna Kendaraan, Tunggu DKI

Macetnya Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Fernando Randy

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta teleh menyelesaikan kajian pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem warna kendaraan yang akan diterapkan saat penyelenggaraan Sea Games SEA Games XXVI  November 2011 mendatang.

Kajian yang dibuat oleh Dinas Perhubungan DKI (Dishub) bersama Ditlantas Polda Metro Jaya itu akan segera dipaparkan kepada Gubernur DKI Jakarta untuk mendapatkan persetujuan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono, ada tiga hal yang terdapat dalam kajian pembatasan itu. Pertama, pembatasan kendaraan bermotor saat SEA Games memang penting dilakukan. Kedua, konsep pembatasan kendaraan bermotor ditentukan melalui kategori warga kendaraan gelap dan terang.

Kemudian yang ketiga, rencana pembatasan kendaraan bermotor telah dikaji Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan dan mendapatkan masukan dari Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Sedang kita rapikan dan disiapkan untuk dipaparkan kepada Gubernur DKI selaku pemegang kebijakan," kata Udar Pristono, di Jakarta, Selasa, 2 Agustus 2011.

Masukan lain dari kebijakan itu juga masih ditunggu dari instansi atau stakeholder yang terkait dari pelaksanaan kebijakan ini. Seperti, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), kelompok akademisi dan instansi di jajaran Pemprov yang terkait pelaksanaan kebijakan ini.

"Kajian itu akan kita siapkan lebih detail. Intinya, kebijakan ini akan dilaksanakan sebelum SEA Games," jelasnya.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa membenarkan Polda Metro Jaya akan menggelar uji coba pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem warna.

Pelaksanaan uji coba akan dilakukan saat SEA Games berlangsung di jalur dan jalan yang akan dilewati para atlet, yaitu dari lokasi penginapan ke lokasi pertandingan. Selain itu, jalan yang akan diterapkan pembatasan kendaraan adalah jalan protokol, seperti Jalan Sudirman-Thamrin dan Jalan Gatot Subroto.

Sistem warna ini berdasarkan kategori warna kendaraan gelap dan terang. Kategori warna kendaraan gelap yaitu hitam, abu-abu, biru tua dan coklat. Sedangkan kategori warna kendaraan terang yaitu merah, biru muda, hijau, putih dan merah jambu. Untuk kendaraan yang memiliki warna banyak, maka warna kendaraan yang paling dominan menjadi penentu masuk kategori gelap atau terang.

Kendati demikian, ada pengecualian dalam penerapan kebijakan itu, yakni ada kendaraan yang boleh melalui jalan-jalan tersebut yaitu bus angkutan umum, ambulans, mobil pemadam kebakaran, mobil dinas polisi dan mobil media massa yang memiliki logo medianya.

Dengan penerapan pembatasan kendaraan tersebut, Royke memprediksi kebijakan ini mampu mengurai kemacetan di jalan-jalan protokol Jakarta selama pelaksanaan SEA Games hingga 50 persen.

"Diprediksikan kemacetan di jalan protokol dapat terurai hingga 50 persen. Ini akan menguntungkan semua pihak, terutama para atlet SEA Games," ujarnya. (eh)

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut
Suzuki Nex II warna baru edisi 2024

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Suzuki Indonesia kembali menghadirkan penyegaran pada salah satu sepeda motor terpopulernya, Nex II.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024