Jumlah Pemudik dengan Bus Turun Tajam

Terminal Kampung Rambutan Sepi Pemudik
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum seperti bus diperkirakan turun jauh dibanding tahun sebelumnya. Tapi meski demikian, Pemerintah DKI Jakarta tetap menyiapkan 7.292 armada angkutan Lebaran.

Penurunan jumlah pemudik angkutan umum diperkirakan mencapai 1,9 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara jumlah angkutan hanya 6.100 armada, arus balik pada masa Lebaran 2009, dan 7.144 armada bus pada 2010.
 
"Penurunan jumlah pemudik dengan menggunakan bus ini bisa jadi disebabkan jumlah penyelenggara mudik bareng yang dilakukan swasta jumlahnya cukup banyak," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, di Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2011.

Menurut Pristono, sedikitnya ada 14 perusahaan yang sudah mengusulkan acara mudik bareng, dengan jumlah bus diperkirakan mencapai 1.245 armada. Total daya angkut bisa mencapai 69.849 orang pada tahun ini.

Pristono memperkirakan, jumlah pemudik yang menggunakan bus diperkirakan menurun dibandingkan tahun lalu.

"Tahun lalu sedikitnya ada sekitar 600-an ribu pemudik yang menggunakan bus, sedangkan tahun ini diperkirakan hanya mencapai 590 ribuan," jelas dia.
 
Secara keseluruhan pemudik yang menggunakan angkutan bus memang menurun, berbeda dengan pengguna kereta api, angkutan laut, dan udara. Pristono melihat gejala ini dikarenakan semakin membaiknya kondisi perekonomian secara nasional dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Seperti diketahui, terdapat empat terminal utama yang melayani pemberangakatan antar provinsi, yakni terminal Lebak Bulus, Tanjung Priok, Kampung Rambutan, dan Pulo Gadung.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga, menyediakan 11 terminal bantuan, terminal ini merupakan terminal antar kota, seperti Rawamangun, Ragunan, Tendean, Pasar Minggu, dan Senen.

"Tahun ini juga akan ada terminal bantuan, agar masyarakat yang akan mudik lebih aksesnya lebih banyak," kata dia. (umi)

Tampil di Coachella 2024, Vokal LE SSERAFIM Kena Kritik Pedas Netizen
Suzuki Jimny kena recall

Suzuki Jimny 3 Pintu di Indonesia Bermasalah Pompa Bahan Bakar, Apa Efeknya Jika Tak Diganti?

Pemilik mobil Suzuki Jimny 3 Pintu diharapkan membawa mobilnya ke bengkel resmi karena adanya masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar. Apa efeknya jika tak diganti?

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024