Foke Bantah Ambil Keputusan Lawan Arus

Macetnya Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Fernando Randy

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo membantah upaya melawan arus atau contra flow yang dilakukan rombongannya di Cilincing, merupakan inisiatifnya. Melalui juru bicaranya, Cucu Ahmad Kurnia, ide melawan arah itu datang dari polisi yang ada di lapangan.

Dijelaskan Cucu, peristiwa itu terjadi saat rombongan Gubernur DKI pulang dari shalat tarawih bersama dengan warga Jakarta. Kondisi jalan saat itu macet parah karena ada kecelakaan.

Melihat ada rombongan Gubernur DKI, akhirnya polisi yang sedang bertugas menggunakan tindakan diskresi untuk melakukan sistem lawan arus, agar kendaraan gubernur dan warga bisa lewat.

"Jadi bukan kendaraan rombongan Gubernur saja yang lawan arus, tetapi juga kendaraan bermotor lainnya, untuk mengurai kemacetan total itu," ujar Cucu di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2011.

Cucu menyayangkan kejadian itu ditayangkan di media elektronik. Dia menilai pemberitaan tidak berimbang, karena tidak menanyakan pihak kepolisian dan Gubernur DKI terkait kronologis terjadinya peristiwa itu.

“Tidak konfirmasi dulu kepada kami atau pihak kepolisian, sehingga tercipta opini negatif dari masyarakat. Padahal kejadian itu terjadi bukan berdasarkan keputusan Gubernur," kata dia.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa, membenarkan pemberlakuan contra flow pada rombongan Gubernur DKI di kawasan Cilincing, Jakarta Utara. Tapi itu merupakan tindakan diskresi kepolisian.

Tindakan itu murni diputuskan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di ruas jalan Cilincing menuju Tanjungpriok karena kecelakaan. Truk trailer menabrak sepeda motor dan pengendaranya tewas.

Diskresi kepolisian adalah suatu tindakan bijaksana dari petugas kepolisian dalam menangani suatu masalah atau perkara yang diterapkan di luar jalur hukum. Tindakan tersebut dilakukan untuk kepentingan umum, kepentingan kemanusiaan, keadilan, mencegah agar jangan terjadi konflik yang lebih luas dan edukasi.

"Kepadatan di ruas itu memang sudah stagnan akibat kecelakaan, akhirnya polisi yang bertugas memutuskan untuk memberlakukan melawan arus untuk mengurai kemacetan," jelas Royke.

Menurut Royke, pemberlakuan contra flow tersebut dilakukan tidak sepanjang arus Cilincing, namun hanya 50 meter mengarah ke Pos 9. Pemberian diskresi tidak serta merta merupakan subjektivitas petugas, namun melihat segala aspek kondisi di lapangan. (adi)

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies juga merespons soal kemungkinan dirinya bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto, termasuk jika ditawari kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024