130 Mal Perparah Kemacetan Jelang Lebaran

Para pejalan kaki menyeberang di depan Mall Ambasador
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya memprediksi akan terjadi kemacetan yang cukup parah selama puasa dan mendekati hari raya Lebaran. Penyebabnya adalah 130 mal di Jakarta yang akan dipadati warga.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa, mengatakan kemacetan terus meningkat sebelum dan saat bulan Ramadan. Pihaknya akan mengerahkan pertugas untuk mengatur lalulintas agar kemacetan musiman ini tidak meresahkan warga lain.

"Nanti kita akan membuat rekayasa lalulintas, caranya dengan buka tutup lajur kendaraan, parkir liar juga harus ditertibkan, dan warga Jakarta yang hendak  keluar mal ditahan dulu dan dikuras terlebih dahulu jalur yang panjang," ujar Royke kepada VIVAnews.com, Kamis malam, 4 Agustus 2011.

Dijelaskan Royke, kemacetan yang berpangkal dari mal diperkirakan mulai dari  pekan kedua Ramadan. Menurut data tahun lalu, waktu paling parah terjadi pada puasa minggu ketiga, dimana warga sudah mulai mempersiapkan dan berbelanja untuk kebutuhan Lebaran.

Sementara itu, penyebab terjadi kemacetan di pusat perbelanjaan adalah peningkatan volume kendaraan pengunjung, adanya titik persinggungan antara kendaraan yang keluar dan masuk, area parkir yang tidak memadai, serta kapasitas ruas jalan yang minim.
    
"Saya imbau jangan saling serobot antrean. Lebih tertib dan kalau perlu naik angkutan umum saja," katanya.

130 mall yang diperkirakan membuat kemacetan diantaranya MOI, Plasa semanggi, Mal Artha Gading, Cibubur Junction, Senayan City, Plaza Senayan, Pondok Indah, Taman Anggrek, Grand Indonesia, Pasar Tanah Abang, dan Mal Casablanca. (ren)

Chery Indonesia Recalls Omoda 5 Over Rear Axle Problems
Keributan Dishub DKI Jakarta dengan juru parkir di Dukuh Atas

Usai Tertibkan Jukir Liar, Apa Solusi Berikutnya dari Pemprov Jakarta?

Pemprov Jakarta, saat ini tengah giat untuk menertibkan juru parkir atau jukir liar, yang kerap mengesahkan masyarakat. Tapi muncul pertanyaan, setelah ini apa solusinya?

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024