Pemenang Tender MRT Diumumkan Akhir Agustus

Maket MRT Jakarta
Sumber :
  • MRT Jakarta

VIVAnews - PT Mass Rapid Transit (MRT) telah mengantongi sejumlah nama perusahaan kontraktor yang lolos proses prakualifikasi tender konstruksi fisik. PT MRT berjanji mengumumkan daftar nama perusahaan yang lolos prakualifikasi pada pekan ketiga bulan Agustus 2011. Mereka akan diundang mengikuti proses lelang fisik yang akan dibuka pada awal September 2011.

Direktur Fungsi Korporasi PT MRT Jakarta, Eddi Santosa, mengatakan pelaksanaan proses prakualifikasi sudah masuk dalam tahap finalisasi, yaitu menentukan nama-nama perusahaan kontraktor yang lolos seleksi prakualifikasi tender.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Saat ini, daftar nama perusahaan tersebut masih ditangan panitia pelaksanaan prakualifikasi, dan akan diserahkan ke Direksi PT MRT Jakarta untuk dinilai oleh pemberi pinjaman, Japan International Corporate Agency (JICA).

“Proses prakualifikasi berjalan sesuai dengan jadwal yang telah kita tentukan, yaitu sekitar 120 hari. Ekspektasi kita, akhir Agustus sudah ada hasil akhir tercapai. Sekarang konsultan sedang mengevaluasi peserta prakualifikasi. Nanti setelah itu, akan diserahkan kepada JICA untuk diputuskan lolos tidaknya,” ujar Eddi Santosa di Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2011.

Terkait dengan adanya kabar telah lolosnya delapan perusahaan dalam seleksi prakualifikasi, Eddi enggan berkomentar. Sebab, hingga saat ini direksi PT MRT Jakarta belum menerima jumlah dan daftar nama perusahaan yang lolos seleksi.

“Kami belum tahu jumlah dan nama-namanya. Kalau sudah ada, kami akan buatkan surat ke JICA, untuk segera diputuskan oleh JICA,” kata dia.

Edi menyatakan, proses pemutusan dari pihak JICA tidak akan lama lagi dikeluarkan. Sebab, proses prakualifikasi sebenarnya tidak termasuk syarat dalam pelaksanaan pembangunan MRT di Jakarta. Namun, lanjut dia, karena proses ini merupakan syarat wajib yang harus dilaksanakan dalam menjalankan proyek besar, maka JICA mengikuti prosedur tersebut.

“JICA hanya menyeleksi perusahaan dengan melihat pada kemampuan finansial, administrasi dan kapasitas kontraktor. Hal ini tidak akan memakan waktu lama. Paling tidak, minggu ketiga Agustus sudah bisa diketahui nama perusahaan yang kualified yang akan diundang untuk tender mendatang,” tuturnya.

Tender konstruksi fisik MRT Jakarta direncanakan akan dimulai pada awal September. Pelaksanaan tender ini akan memakan waktu yang cukup lama, karena menggunakan konsep disain dan bangun (design and build).

Konsep tersebut mengharuskan kontraktor menawarkan penyelesaian disain yang belum selesai. Artinya membuat proses perencanaan disain dasar menjadi konsep disain yang utuh.

Kontraktor diberikan waktu selama empat bulan untuk menyiapkan proposal teknis terkait hal itu. Kemudian, PT MRT Jakarta akan mengevaluasi selama dua bulan untuk menentukan pemenang lelang tersebut.

Ditargetkan pengumuman pemenang lelang dilakukan pada April 2012, dilanjutkan dengan persiapan kontrak kerja dan persyaratan administrasi pada Mei 2012. Lalu pada Juli 2012 sudah bisa dimulai penggalian tanah untuk terowongan.

Untuk konstruksi ini, PT MRT Jakarta membagi paket pekerjaan fisik proyek MRT menjadi enam paket untuk dikerjakan enam kontraktor. Paket tersebut terbagi dalam tiga paket fisik permukaan tanah dan tiga paket fisik bawah tanah.

Tiga paket fisik permukaan tanah tersebut yaitu cp 101 yang dimulai dari depo Lebakbulus hingga Fatmawati. Paket kedua yaitu cp 102 untuk pekerjaan fisik dari Blok M hingga Al-Azhar, dan paket ketiga cp 103 dari Patung Pemuda hingga Senayan.

Untuk paket fisik bawah tanah, PT MRT Jakarta membagi paket pekerjaan fisik cp 104 dari Senayan sampai Istora, paket cp 105 dari Setiabudi hingga Bendunganhilir, dan paket cp 106 mulai dari Dukuhatas hingga Bundaran HI.

Direktur Teknik PT MRT Jakarta, Rachmadi, menegaskan saat melakukan pengeboran tanah untuk terowongan, syarat mutlak yang harus dipenuhi kontraktor adalah harus tidak menimbulkan bising dan getaran yang bisa mengakibatkan keretakan tanah.

“Itu menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi kontraktor. Kalau tidak, dia tidak akan lolos seleksi. Jadi mereka harus mengupayakan alat-alat yang tidak menimbulkan bising dan getaran,” terangnya.

Rowoon

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Rowoon eks anggota SF9 baru-baru ini akhirnya mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk meninggalkan grup idola tersebut dan beralih fokus ke dunia akting. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024