Kereta Barang Dihapus, Pemudik Motor Naik

Mudik Lebaran : Arus Motor di Karawang, Jabar
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Masyarakat transportasi Indonesia (MTI) memprediksikan bahwa arus mudik pada musim Lebaran 2011 ini akan mengalami kenaikan sebesar 4 persen di banding tahun sebelumnya.

"Pada tahun lalu jumlah pemudik sebesar 2,3 Juta orang dan kami prediksikan tahun ini naik sebesar 4 persen" Ujar Ketua umum MTI, Danang Parikesit di Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2011.

Menurut Danang, salah satu penyebab kenaikan jumlah pemudik tahun ini karena pada beberapa kelompok masyarakat mengalami perbaikan ekonomi, yang berarti kemungkinan akan ada peningkatan arus mudik.

Namun, Danang menyayangkan salah satu angkutan umum massal seperti kereta api justru mengalami penurunan kapasitas angkut.

"Kebijakan menyediakan kereta khusus yang mengangkut pemudik beserta sepeda motornya ditiadakan dengan alasan sepi peminat," ujarnya.

Menurut Danang, tidak efektifnya penyediaan kereta khusus tersebut justru disebabkan kurangnya sosialisasi. Karena itu, yang diperlukan saat ini bukan menghapus kebijakan tapi meningkatkan sosialisasi. Hal yang sama juga terjadi pada angkutan laut atau Kapal Pelni.

"Sosialisasi yang terlalu pendek, harusnya jauh lebih awal," katanya.

Akibat dari dihilangkannya kebijakan ini, menurut MTI masyarakat akan tetap memilih menggunakan motor untuk mudik lebaran. "Data tahun sebelumnya menunjukkan bahwa mudik dengan motor sangat rentan terhadap kecelakaan lalu lintas," ujar Danang. (eh)

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir
Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024