Kasus Pembobolan Dana Elnusa Segera Disidang

Elnusa
Sumber :
  • www.elnusa.co.id

VIVAnews - Polda Metro Jaya melimpahkan enam tersangka kasus pembobolan dana Elnusa di Bank Mega cabang Jababeka ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Enam tersangka itu yakni Direktur Keuangan Elnusa Santun Nainggolan, broker Richard Latif, mantan Kepala Cabang Bank Mega Jababeka-Bekasi Itman Harry Basuki, Direktur PT Discovery Indonesia Ivan Ch Lych, Direktur PT Harvestindo Andi Gunawan, dan staf PT Harvestindo Zul.

Selain itu, polisi juga melimpahkan barang bukti tiga buah mobil, yaitu Honda CRV putih B 73 ANE, Honda Jazz kuning B 17 MAN, dan Hummer B 101 MLK.

"Hari ini penyerahan tahap ke dua, P21 (berkas lengkap) dari kejaksaan sudah dua hari," Ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, di Jakarta, Selasa 16 Agustus 2011. Selanjutnya, kasus ini tinggal menunggu proses persidangan.

Seperti diberitakan, dana deposito berjangka Elnusa di Bank Mega Cabang Bekasi-Jababeka senilai Rp 111  miliar dicairkan tanpa sepengetahuan manajemen Elnusa. Pencairan dana deposito itu diduga melibatkan Direktur Keuangan Elnusa dan Kepala Bank Mega Cabang Bekasi-Jababeka. Enam tersangka sudah ditahan di Polda Metro Jaya.

Mereka dijerat dengan Pasal 374 Kitab Undang- Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penggelapan dalam Jabatan, dengan ancaman empat tahun penjara; Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Dokumen, ancaman pidana enam tahun penjara; Pasal 49 Undang-Undang Perbankan tentang Pegawai Bank yang Tidak Menjalankan Prosedur dan Prinsip Kehati-hatian dalam Pelayanan Perbankan, dengan ancaman lima tahun penjara; serta Pasal 3 dan Pasal 6 Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang, ancaman pidana 15 tahun penjara.

Polisi juga telah menyita barang bukti senilai Rp11 miliar dari total kerugian PT Elnusa Rp 111 miliar. Barang bukti tersebut berupa enam mobil mewah, lima sepeda kayuh, serta uang tunai senilai Rp2 miliar dan 34.400 dollar AS. Selain itu, penyidik telah memblokir dua rekening milik Santun Nainggolan di salah satu bank swasta nasional. (eh)

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024