Polisi Stop Cara Lama Tangkap Bandar Narkoba

Penyelundupan Narkoba
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki

VIVAnews - Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya akan meninggalkan cara tradisional dengan penyamaran untuk menangkap bandar narkoba. Penangkapan akan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu pengetahuan.

"Sudah tidak bisa mengandalkan pengungkapan secara tradisional. Beralih dari metode tradisional seperti under cover by (penyamaran) dengan cara yang lebih modern," ujar Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Nugroho Aji Wijayanto.

Cara modern dilakukan karena banyak barang haram yang beredar saat ini merupakan barang import. Hal ini terjadi karena barang lokal dianggap memiliki kualitas yang tidak baik. Belum lama ini narkoba asal Hong Kong senilai Rp82,8 miliar, disita dari kawasan Jakarta Utara.

"Sudah berbeda kondisinya. Dulu produksi di Indonesia, sehingga banyak produsen yang kita tangkap," jelasnya.

Karena itu, saat ini polisi punya tantangan untuk mengunkap peredaran narkoba dengan sasaran yang lebih besar. Metode tertutup tetap dijalankan untuk memberantas peredaran narkoba.

Polisi memang kerap menemui kesulitan untuk mengungkap peredaran narkoba dengan pola penyamaran. Menurut Kasubdit I Narkoba Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Tony Surya Putra, bandar dan pengedar narkoba saat ini sudah makin pintar.

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?

Metode penyamaran kadang mendapatkan kesulitan. Mereka, para bandar narkoba juga makin berhati-hati untuk melakukan transaksi. Memutus langsung mata rantai peredaran dari bandar besarnya merupakan cara baik untuk dilakukan.

"Bandar besar justru dari luar negeri. Bekerjasama dengan petugas terkait akan ditingkatkan," katanya.

Terkait dengan penangkapan kelompok pengedar narkoba di Jakarta Utara dengan barang bukti 275.235 ekstasi dan 178 gram shabu senilai Rp82,8 miliar, Polda Metro Jaya sudah melakukan koordinasi dengan Direktorat Narkoba Hongkong untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku yang diketahui berinisial AL, yang masih berada di negara itu. (eh)

Chandrika Chika

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT (24), MJ (22), AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024