Skenario Pengaturan Lalu lintas Arus Balik

Ratusan orang mudik dengan motor
Sumber :
  • ANTARA/Vega

VIVAnews - Menghadapi arus balik libur Lebaran yang diprediksi puncaknya terjadi pada akhir pekan ini, Sabtu 3 September dan Minggu 4 September 2011 polisi mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. Hal ini untuk mengantisipasi membludaknya arus kendaraan, khususnya roda dua.

Rekayasa lalu lintas dilakukan di dua titik wilayah yang menjadi rute balik pemudik ke Jakarta melalui Kalimalang dan Cakung. Rencananya, pada ruas kalimalang, petugas akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan H Naman hingga Halim lama dengan cara melebarkan jalur dengan menggunakan traffic cone, di mana dari arah Bekasi ke Halim menjadi dua lajur yang bisa dilintasi. Sedangkan dari arah Halim hanya satu lajur.

"Diperkirakan Volume kendaraan roda dua saat arus balik lebih besar sehingga jalur dari arah Halim kami buatkan untuk jalur dari Bekasi. Kemudian dari arah Timur sendiri hanya satu lajur yang disediakan," ujar Kasat Lantas Jakarta Timur Ajun Komisaris Besar Sudarsono seperti dikutip dari website TMC Polda Metro Jaya, Sabtu 3 September 2011.
 
Sementara itu di kawasan Cakung, polisi membuat kebijakan dengan memberlakukan contra flow sepanjang kurang lebih satu kilo meter mulai dari Pasar Cakung hingga Tosan atau lampu merah Pupuar apabila diperlukan.

 "Jalur yang dari arah barat (Pulogadung) dijadikan jalur dari arah timur (Cakung), kemudian yang dari arah barat sendiri menggunakan jalur lambat karena volume kendaraan yang dari arah barat ketika arus balik diprediksi tidak terlalu banyak," tambah Sudarsono.

Dia menambahkan, dalam mengatur arus balik ini petugas tetap akan menindak setiap pelanggar. "Penindakan juga tetap akan diberlakukan jika pemudik melakukan pelanggaran," ujarnya.

Penindakan dilakukan dengan cara memberikan sanksi tilang maupun teguran, tergantung dari bobot pelanggarannya. "Kalau penumpang berboncengan sampai tiga orang, atau membawa muatan berlebih, apalagi sepeda motornya tidak dilengkapi surat kendaraan, pasti akan kami tindak tegas," ucapnya.

Sementara itu dalam mengantisipasi arus balik kali ini Satuan Wilayah Jakarta Timur menerjunkan sekitar 284 personel yang disebar penugasannya di beberapa titik objek vital arus balik seperti di Terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Pinang Ranti, Rawamangun dan Stasiun Jatinegara. (sj)

Refly Harun: Anies-Muhaimin Pengkhianat Jika Gabung Pemerintah
Ilustrasi motor mogok / kunci motor

Motor Baru Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Risikonya Besar

Bagi pengguna motor baru yang dibekali dengan sistem pengabutan injeksi, perhatikan baik-baik indikator bahan bakar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024