Air Bersih DKI Masih Dipasok dari Bekasi

Suplai Air Bersih
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Setelah hampir satu pekan tanggul air di Kalimalang jebol, hari ini debit air yang mengalir ke rumah warga secara bertahap sudah mulai normal kembali.

"Debit air secara bertahap sudah normal lagi," ujar Kepala Divisi 1 Pengelolaan Air  PT. Perum Tirta Jasa (PTJ) II Sutrisno, Senin, 5 September 2011.

Menurut Sutrisno, sambil menunggu perbaikan secara bertahap untuk menormalkan pasokan air  bersih masih bergantung dari Bendungan Bekasi yang mencapai 17,5 meter kubik per detik.

Sementara data yang dimiliki Perum Jasa Tirta II, sampai pukul 10.00 WIB, posisi debit air dari Bendungan Bekasi yang masuk ke Jakarta sudah sebanyak 13,8 meter kubik per detik. Sebanyak 4,98 menuju Buaran, sebanyak 4,2 ke Pulogadung, dan 4 meter kubik per detik ke Pejompongan.

"Kalau ke Pulogadung, dan Buaran sebenarnya sudah normal, untuk Pejompongan masih kurang 2 meter kubik lagi, kita bisa alirkan 6 meter kubik bahkan lebih, kalau tanggul Kalimalang ini sudah benar-benar bagus. Sore ini semoga saja semua normal," ujar Sutrisno.

Sementara itu, petugas yang melakukan perbaikan tanggul agak kesulitan karena tanah di lokasi kejadian sedikit ambles.

Jebolnya tanggul dan pintu air Kalimalang, Jakarta Timur, membuat suplai air bersih di pemukiman warga menjadi terganggu. PT Palyja terpaksa menyuplai 13 titik pemukiman untuk mengatasi kesulitan air bersih.

Pasokan air bersih pada titik itu terutama untuk fasilitas sosial seperti rumah sakit, dan fasilitas umum  serta tempat ibadah di Jakarta Pusat.

Suplai antara lain dilakukan untuk Rumah Sakit Cikini, Rusun Petamburan, Rusun Kebon Kacang, pemukiman warga di Pertamburan dan pemukiman warga di Pejompongan.

Selain itu, pemukiman warga di Cideng, Jatibaru III, Jatibaru dekat Masjid, Masjid Bank Indonesia, KPAM Petamburan II, dan sekitarnya, Masjid Al Uswah Cideng, pemukiman warga di Petojo Sabangan, dan Rusun Cikini juga ikut mendapat pasokan air.

Perusahaan penyedia air bersih di Jakarta Timur, PT Aetra Air Jakarta, mengumumkan penurunan suplai air bersih hingga 37 persen. Kelangkaan air bersih diatasi dengan memaksimalkan instalasi Buaran.

Kejadian ini juga membuat pasokan air ke ring satu mengalami gangguan. Seperti di Istana Presiden, Wakil Presiden, Balai Kota Jakarta, gedung DPR RI, yang manjadi pelanggan Palyja. (eh)

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?
Film Demi Si Buah Hati

Dibintangi Yuki Kato dan Dion Wiyoko, Film Demi Si Buah Hati Hadirkan Cerita Menyentuh

Film Demi Si Buah Hati bercerita tentang pasangan suami istri Dona dan Yuda, keduanya hidup bahagia.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024