Jakarta Segera Bangun 6 Tol Dalam Kota

Penutupan sebagian jalur ke Casablanca
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Peraturan Daerah mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2011-2030 akan dirinci lebih lanjut dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi (Zoning Regulation).

Hal ini dilakuan mengingat penting dan strategisnya penataan ruang di DKI Jakarta. Pembangunan mega proyek enam ruas jalan Tol Dalam Kota adalah salah satu yang akan diatur.

Sesuai dengan rencana, setelah Perda RTRW selesai, akan segara dilakukan prakualifikasi tender pembangunan senilai Rp41 triliun setelah Lebaran ini, dengan cara terbuka. Kementerian Pekerjaan Umum (Kemenpu) RI melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang akan melakukan ini.

Sambil menunggu persiapan akhir prakualifikasi tender, Pemprov DKI Jakarta akan mulai membahas jalur enam ruas jalan tol dalam kota (JTDK) yang akan dibangun. Seperti lokasi yang memerlukan pembebasan tanah, di antaranya lahan di persimpangan dan koneksitas dengan jalan tol yang sudah ada.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ahmad Gani Gazali, tidak akan banyak dilakukan pembebasan lahan, karena pembangunannya di atas jalan atau berupa jalan layang yang sudah ada.

"Tahap pertama pelaksanaan proyek enam ruas jalan tol dilakukan pada jalur Semanan-Dongkelan-Sunter-Pulogebang Bekasi. Bila sesuai rencana tender terbuka akan dilakukan November 2011, baru dilakukan pembangunan fisik," ujarnya kepada VIVAnews.com, Rabu, 7 September 2011.

Ada empat tahan dalam pembangunan enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta. Tahap pertama, akan dibangun dua ruas jalan tol untuk jalur Semanan-Sunter sepanjang 17,88 kilometer. Nilai investasinya Rp9,76 triliun. Kemudian ruas Sunter-Bekasi Raya sepanjang 11 kilometer dengan nilai investasi Rp7,37 triliun.

Tahap kedua, dua ruas jalan tol koridor Duri Pulo-Kampung Melayu sepanjang 11,38 kilometer dengan nilai investasi Rp5,96 triliun dan Kemayoran-Kampung Melayu sepanjang 9,65 kilometer dengan investasi Rp6,95 triliun.

Kemudian tahap ketiga akan dibangun ruas jalan Tol Dalam Kota Koridor Ulujami-Tanah Abang sepanjang 8,27 kilometer dengan nilai investasi Rp4,25 triliun.

Terakhir atau tahap keempat dibangun ruas jalan Tol Dalam Kota Koridor Pasar Minggu-Casablanca sepanjang 9,56 kilometer dengan investasi Rp5,71 triliun. (adi)
 

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah
Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi

Tingkatkan Angkatan Kerja yang Kompeten, Kemnaker Komitmen Hadirkan Pelatihan Vokasi Berkualitas

Kemnaker terus berkomitmen untuk menghadirkan pelatihan vokasi yang berkualitas. Tujuannya agar pelatihan vokasi dapat menjadikan angkatan kerja berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024