Jasa Marga Naikkan Tarif Tol Bulan Ini

Jalan Tol
Sumber :
  • bpjt.net

VIVAnews - PT Jasa Marga Tbk akan menaikkan tarif jalan bebas hambatan pada bulan ini. Kenaikan tarif diberlakukan di 13 ruas Tol yang dikelola Jasa Marga.

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ketiga belas ruas itu adalah Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Tol dalam Kota, Tangerang-Merak,Tol BSD, Tol Ulujami- Bintaro, JORR (Jakarta Outer Ring Road), Cipularang, Padaleunyi, Palikanci, Tol Semarang,Tol Belmera, dan Tol Surabaya-Gempol.

"Yang tidak naik yakni ruas Tol Jakarta-Cikampek dan ruas Tol Prof Sedyatmo (Tol Bandara Soekarno-Hatta)," kata Direktur Operasional Jasa Marga, Adityawarman saat berbincang dengan VIVAnews.com, Kamis 8 September 2011.

Menurutnya, rencana kenaikan sedang dalam proses. "Tinggal menunggu persetujuan Menteri Pekerjaan Umum," tambahnya.

Dia mengungkapkan, pemeriksaan standar pelayanan minimum sudah dilakukan terhadap semua ruas tol. Hasilnya, memang ada dua ruas yang masih diberikan catatan, yaitu Tol Cirebon dan Surabaya Gempol.

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

"Namun tambahan sudah dilengkapi. Saat ini semua konstruksi dan infrastruktur jalan memenuhi standar. Jadi sudah tidak ada masalah," ungkap dia. Rencananya, lanjut Aditya, tarif akan dinaikkan sekitar 10 hingga 12 persen sesuai proses evaluasi nilai inflasi selama dua tahun ini.

Aditya beralasan, penyesuaian tarif ini memang rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Kebijakan penyesuaian tersebut sudah sesuai dengan rencana bisnis yang disepakati oleh pihak-pihak terkait.

"Ini untuk mempertahankan Internal Rate of Return (IRR) atau pengembalian keuntungan investasi," terangnya.

Penyesuaian tarif tol selama ini merujuk pada pasal 48 Undang-undang 38 Tahun 2004 tentang Jalan, serta Peraturan Pemerintah (PP) No 15 Tahun 2005 mengenai jalan tol, yaitu tertera pasal 68 yang mengatur soal evaluasi dan penyesuaian tarif tol yan dilakukan setiap 2 tahun sekali dan disesuaikan dengan inflasi. (umi)

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.(B.S.Putra/VIVA)

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat

Penyidik Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, menetapkan dua tersangka dalam kasus korupsi dan suap seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah deng

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024