Awal 2012, DKI Pajang Patung MH Thamrin

Jalan MH Thamrin Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Awal tahun depan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mendirikan patung pejuang Mohammad Husni Thamrin. Rencananya patung berbalut perunggu itu didirikan di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Chatarine Suryowati mengatakan rencana pembuatan patung MH Thamrin sudah digagas sejak sembilan tahun lalu.

"Sayembaranya saja sudah sejak tahun 2002, dan tahun ini akan segera terealisasi dengan bahan terbuat dari perunggu," ujar Chatarine di Balaikota DKI Jakarta, Jumat, 9 September 2011.

Dia menjelaskan, patung tersebut akan didirikan di sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan yang bersinggungan langsung dengan Jalan MH Thamrin. Namun, untuk lokasi pastinya, menurut Chatarine hingga kini masih dibicarakan.

"Kenapa kami pilih MH Thamrin karena selain beliau pahlawan nasional, dia juga pahlawan asal Jakarta. Jadi kami harap dengan adanya patung ini warga Jakarta bisa mengenal lebih dekat," tambahnya.

Saat ini, patung tersebut sedang dalam tahap penyempurnaan oleh seniman yang berasal dari Bandung sebagai pemenang sayembara.

"Seharusnya akhir tahun ini sudah terpasang, tapi karena ada kendala d ipembuatan patungnya jadi mundur. Buat patung itu kan harus hati-hati, karena karakternya tak mungkin diubah," kata dia.

Konsep patung MH Thamrin ini berbeda dengan patung Jendral Sudirman. Dan yang paling membedakan adalah pada ketinggian patung.

"Kalau patung MH Thamrin, rencananya setinggi cuma 5-7 meter saja, dan tidak akan dipagar. Ya tujuannya itu tadi agar dekat dengan masyarakat," jelasnya.

Terkait anggaran, Chatarine mengaku belum membahasnya hingga saat ini.
"Anggarannya belum dibahas," ucapnya (eh)

Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba
Chery Arta Karawang

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi membuka diler terbaru di Karawang secara perdana pada hari ini seiring dengan usaha perusahaan dalam memperkuat jaringannya di wilaya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024