Depok dan Bekasi Jadi Sasaran Urbanisasi

Ratusan TKI dideportasi Malaysia melalui pelabuhan Bintan
Sumber :
  • Antara/ Feri

VIVAnews – Lebaran telah usai, namun menjadi awal bagi permasalahan serius perkotaan yang telah makin menumpuk. Pasalnya, seperti terjadi setiap tahun, berakhirnya lebaran selalu ditandai dengan arus urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota.

Pakar Demografi Universitas Indonesia, Sonny Harry B. Harmadi, menyatakan bahwa pada tahun 1971, sekitar 17 persen dari total penduduk Indonesia tinggal di kota. Namun, pada tahun 2010, jumlah tersebut melonjak drastis. Kini, sekitar 50 persen total penduduk Indonesia tercatat tinggal di kota, utamanya Jakarta.

“Selama 40 tahun terakhir, aliran desa ke kota sangat cepat. Hal ini betul-betul perlu dicermati. Apalagi saat ini penduduk Indonesia berada di usia produktif, dan cenderung bergerak ke kota-kota mencari pekerjaan,” ujar Sonny di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 10 September 2011.

Namun, menurut Sonny, kota sasaran urbanisasi bukanlah Jakarta, melainkan kota-kota penyanggah di sekitar Jakarta, yaitu Bodetabek atau Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. Dalam hal ini, Depok dan Bekasi menjadi sasaran utama.

“Aliran migrasi ke Jakarta tidak sebesar ke Bodetabek. Aliran terbesarnya ke Depok dan Bekasi. Hanya sekitar 7 persen aliran migrasi masuk Jakarta, sementara urbanisasi ke Depok dan Bekasi lebih dari 15 persen dalam 5 tahun terakhir,” kata dia.

Sonny menjelaskan, mayoritas penduduk desa memilih hijrah ke kota karena motif ekonomi, yaitu berharap penghidupan yang lebih baik. “Ini justru sangat membebani kota-kota yang didatangi penduduk baru ini. Pasalnya, kebanyakan dari mereka berangkat tidak sendirian. Mereka cenderung membawa serta keluarga mereka,” papar Sonny.

Dengan arus urbanisasi yang besar itu, lanjut Sonny, masalah-masalah sosial pun akan muncul. “Ini menimbulkan munculnya kawasan pemukiman kumuh,” kata Sonny.

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Ia menambahkan, berdasarkan data Badan Kependudukan Dunia, sekitar 30 persen atau sepertiga dari kota berkembang di dunia terdiri pemukiman kumuh.

Diler Mitsubishi Fuso di Morowali, Sulawesi Tengah.

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, pada Jumat kemarin meresmikan diler 3S (Sales, Service, Spare P

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024