Megawati: Soal Gubernur DKI, PDIP Terbuka

Ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri
Sumber :
  • ANTARA/Farras

VIVAnews - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menyatakan partainya masih mencari tokoh yang tepat untuk diusung menjadi calon gubernur dalam pilkada DKI Jakarta 2012. Maka, mereka masih membuka kesempatan luas kepada siapapun yang berminat untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin baru Jakarta.

"Sekarang ini baru satu tahap penjaringan, artinya siapa saja yang ingin mencalonkan diri, ya silahkan," ujar Mega usai acara halal bihalal PDI Perjuangan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 11 September 2011.

Megawati mengatakan, PDI Perjuangan tak ingin sembarangan dalam mengusung calon kepala daerah. Untuk mengusung calon tersebut harus melalui mekanisme seleksi ketat, sesuai dengan aturan yang sudah ada.

"PDI perjuangan kan punya aturan mengenai masalah pilkada. Aturan partai kami sangat jelas mekanismenya," ucap mantan presiden RI itu.

Setelah ada penjaringan nama-nama yang masuk, kemudian akan disaring. Penyaringan itu akan dilakukan di DPP PDI Perjuangan. "Setelah tahap penyaringan, baru rekomendasi. (Rekomendasi) itu keputusan dari ketua umum," jelas Megawati.

Bagaimana dengan kans Gubernur DKI saat ini, Fauzi Bowo? "Kans untuk semuanya berhak," jawab Megawati diplomatis.

Megawati meminta, kehadiran Fauzi Bowo dalam acara halal bihalal yang diadakan partainya hari ini tidak perlu ditafsirkan macam-macam. "Ya itu boleh saja ditafsirkan untuk halal bihalal," kata putri sulung Presiden Soekarno itu.

Megawati enggan menjawab pertanyaan apakah kehadiran Fauzi Bowo dalam acara partainya ini untuk mendapat simpati dan  dukungan politik PDI Perjuangan untuk maju dalam pilkada DKI Jakarta pada 2012 nanti.

Menurutnya, yang dapat menjawab soal itu adalah Fauzi Bowo sendiri. "Tanya saja sama beliau (Fauzi Bowo)," kata Megawati.

Adapun Fauzi Bowo, ketika ditanya mengenai hal itu juga tidak menjawab dengan gamblang. "Ya seperti yang ibu Mega katakan tadi," kata gubernur. (ren)

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi
Salshabilla Adriani

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Nazar, Ini Jawaban Salshabilla Adriani

Salshabilla Adriani menjelaskan, isu itu timbul setelah dirinya bersama sejumlah teman, termasuk Rizky Nazar dan kekasihnya Syifa Hadju, melakukan perjalanan ke Bali.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024